Selasa, 18 Okt 2016 08:35 WIB

Gaya Menyusu si Kecil Kadang Aneh-aneh, Tapi Itu Wajar Kok

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: FB Baju Menyusui Nuratina Foto: FB Baju Menyusui Nuratina
Jakarta - Si kecil masih menyusu langsung pada ibunya? Coba perhatikan, apakah dia punya 'gaya khas' saat menyusu? Seperti apa gaya 'favoritnya'?

Satu foto bayi dengan gaya menyusunya beredar di Facebook. Si bayi tampak menarik puting payudara ibunya. Bagi ibu menyusui, diperlakukan seperti ini oleh si kecil bukan hal luar biasa ya.

Foto tersebut diupload oleh akun Baju Menyusui Nuratina dan mendapat reaksi dari seribu orang, antara lain dengan memberikan like, emotikon tertawa dan love. Ratusan komentar mampir ke kolom komentar dan hampir semuanya menuturkan pengalaman indahnya saat menyusui bayinya.

Salah satu komentar mengatakan anaknya tidak cuma menarik puting, tapi menyusu sambil berdiri ataupun jongkok. Meski sering kali puting luka akibat kebiasaan ini, tapi toh ibu-ibu tetap tersenyum melihat polah tingkah anaknya saat menyusu. "Rasane... Wow... Amazing," begitu ucap salah satu pengguna Facebook.

Baca juga: Agar Puting Susu Tak Lecet, Ini Dia Cara Menyusui yang Baik dan Benar

dr Asti Praborini, SpA, IBCLC, dokter laktasi dan ibu menyusui di RS Permata, Depok, dalam konsultasi laktasi di detikHealth beberapa waktu lalu menuturkan bayi yang usianya mulai besar seringkali gemar mengereksplorasi berbagai macam posisi agar tetap nyaman saat menyusu di payudara ibu. Karena itu para ibu tidak perlu khawatir jika si kecil melakukan gaya yang agak 'aneh'.

"Bayi yang menetek pada dasarnya tidak hanya memenuhi kebutuhan biologisnya mendapatkan ASI, tetapi juga mencari rasa aman dan kenyamanan bersama ibunya," terang dr Asti.

Menurut dr Asti, gaya yang paling sering adalah bayi memegang bagian tubuh ibunya atau sambil bercanda dengan ibunya. Meski wajar terjadi, namun dr Wasti mewanti-wanti agar ibu memastikan kebiasaan si kecil tidak membahayakan atau menyakitkan ibu dan bayinya.

dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA, MARS dalam buku 'Anak Sehat: 100 Solusi dr Tiwi, Panduan Lengkap Kesehatan Bayi 0-24 Bulan' menuliskan pada saat menyusu bayi ternyata punya gaya yang beda-beda. Namun dr Tiwi, begitu dia akrab disapa, mengkhususkan menjelaskan gaya menyusu bayi baru lahir.

Salah satu gaya menyusu bayi baru lahir adalah tipe icip-icip. Bayi dikategorikan tipe icip-icip jika suka bermain dengan puting ibunya terlebih dahulu sebelum menyusu. Saat mendapat sedikit ASI, lalu si kecil menjauhkan kepalanya seperti menolak. Jika dipaksa untuk menyusu, dia akan protes dengan teriakan atau tangisannya.

Selengkapnya tentang gaya menyusui bayi baru lahir, bisa disimak di artikel ini: Aneka Gaya Menyusu si Kecil, Termasuk yang Mana Bayi Anda?

(vit/up)
News Feed