Rabu, 02 Nov 2016 17:00 WIB

Video Ini Buktikan Sentuhan Ibu Memang Paling Menenangkan

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: YouTube Mothers Touch Foto: YouTube Mother's Touch
Jakarta - Bagi seorang bayi, mungkin tidak ada tempat ternyaman selain dalam pelukan ibu. Apalagi sambil dibelai sentuhan ibu. Menenangkan sekali.

Wajah tenang dan bahagia ditunjukkan seorang bayi dalam video yang banyak beredar di media sosial. Dalam video tersebut, tampak seorang bayi di pelukan ibunya. Satu tangan ibu membelai-belai wajah sang bayi.

Meski matanya terpejam, tampak sekali si bayi menikmati sentuhan sayang ibunya. Hal itu ditunjukkan melalui senyum lebar si bayi yang sesekali dia tunjukkan. Senyum lebar di mulut yang belum ada giginya itu memang mempesona ya. Coba saja lihat sendiri videonya.

Sumber: YouTube Mother's Touch

Tidak diketahui siapa ibu dan bayi tersebut. Namun pesannya kuat: sentuhan ibu merupakan sentuhan terindah di dunia yang sangat menenangkan dan membahagiakan seorang anak.

Baca juga: Ingin Punya Anak Cerdas? Ayah dan Ibu Perlu Lakukan Terapi Sentuhan

Terkait sentuhan ibu, tim peneliti dari Unilever, University of Gothenburg di Swedia, dan University of North Carolina menyebut ada efek yang sangat positif bagi anak. Peneliti mengidentifikasi kemungkinan besar kondisi tersebut terjadi karena adanya reaksi khusus pada saraf di kulit.

Peneliti lantas mengidentifikasi serabut saraf C-tactile yang kemungkinan terlibat dalam respons ini terangsang ketika diusap oleh orang yang dianggap sangat dekat. "Secara alami, ibu dengan penuh kasih sayang akan mengusap anaknya dengan kecepatan yang sesuai dengan cara kerja serabut saraf C-tactile, tanpa disadari," ungkap salah seorang peneliti yang terlibat, Prof Francis McGlone.

dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya juga menyampaikan hal-hal yang bisa membuat bayi merasa aman dan nyaman adalah mendapatkan elusan atau usapan, khususnya dari sang ibu. "Kalau kita terus-terusan menepuk, mengelus, atau mengusap dia tahu kalau ibunya ada di sebelah dia," ucapnya.

Baca juga: Jangan Salah, Pijat Bayi Juga Ada Manfaatnya untuk Ibu Lho

Soal sentuhan pada anak, dr Wiyarni Pambudi SpA mengatakan anak yang mendapat sentuhan fisik akan memiliki IQ, EQ, dan SQ yang lebih baik. Menurutnya, sentuhan dari ayah dan ibunya adalah salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan otak bayi.

"Seberapapun kualitas otak, kalau dengan sentuhan yang tepat, maka kualitasnya akan lebih baik," ujar dr Wiyarni.

(vit/up)