Senin, 07 Nov 2016 07:31 WIB

Ingat Ya Para Suami, Dukungan Anda Penting untuk Keberhasilan Istri Menyusui

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Ibu yang sedang menyusui kerap mengalami beberapa kendala seperti tidak lancarnya pemberian air susu ibu (ASI). Nah, patut diingat bahwa peran ayah dalam memberi dukungan menjadi salah satu faktor kesuksesan pemberian ASI.

dr Utami Roesli SpA, IBCLC, FABM menekankan keberhasilan pemberian ASI bukan hanya terletak pada peran ibu tapi yang juga ayah. Ia menambahkan bahwa keluarga juga masyarakat pun memiliki tanggung jawab dan peran terhadap keberhasilan pemberian ASI.

"Negara yang hebat harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang kuat, sehat, cerdas dan berbudi luhur. Nah, bukti ilmiah menyebutkan pemberian ASI bisa membuat anak sehat dan cerdas," tutur dokter yang akrab disapa dr Tami ini.

Baca juga: Psikolog: Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif Perlu Dukungan Suami

Dalam acara BreastFeeding Fair 2016 'GenerASI Merah Putih' di Summarecon Digital Center-Scientia Square Park, Serpong, Tanggerang, Sabtu (5/11/2016), pernyataan dr Tami diamini Mia Susanto, ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI).

"Tantangan pada ibu hamil kadang datang dari kelurga seperti kurangnya dukungan atau support dari suami. Padahal, di sini (kesuksesan pemberian ASI) letak keberhasilan semuanya," ucap Mia.

Mengutip penelitian dari Journal of Pediatrics tahun 1994, dr Tami mengatakan, jika ayah yang memberi support dan protect, keberhasilan ibu menyusui sebesar 98,1 persen. Sementara ketika ayah tidak memberi support dan protect, angka keberhasilan menyusui ibu hanya 26,9 persen.

"ASI sangat memengaruhi kualitas anak di kemudian hari. Maka dari itu pemberian ASI harus berhasil ya. Penelitian juga mengatakan bayi yang diberikan ASI memiliki penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak diberikan ASI di usia 30 tahun," imbuh dr Tami

Baca juga: Tanpa Dukungan Suami dan Keluarga, Produksi ASI Bisa Menyusut Lho

(rdn/vit)