Kamis, 15 Des 2016 11:37 WIB

Saat Anak Lekat dengan Jaketnya, Sampai-sampai Tak Mau Jaketnya Dicuci

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Anak lekat dengan sebuah barang, misalnya saja jaket. Sampai-sampai, dia enggan jaketnya dicuci karena ingin terus memakai atau memegangnya. Kondisi ini pun kadang bikin orang tua bingung.

Seperti yang dialami salah satu pembaca detikHealth, Keita (33). Ia mengisahkan jika 5 minggu terakhir anak lelakinya yang berusia 2,5 tahun tidak mau jaket dengan gambar bintang miliknya dicuci. Setiap pergi si anak juga ingin selalu memakai jaket tersebut.

"Awalnya sempat dicuci tapi anak saya mau pakai jaketnya. Padahal jaketnya belum kering. Nah, setelah itu dia nggak mau lagi jaketnya dicuci, ada sekitar 5 minggulah," kata Keita yang berdomisili di daerah Pasar Minggu ini.

Baca juga: Ketika Anak Hanya Mau Dekat dengan Salah Satu Orang Tua

Keita mengatakan jaket itu sudah dipakai sang anak sejak bayi. Namun, akhir-akhir ini saja si anak amat lekat dengan jaketnya. Keita berasumsi jaket itu menimbulkan memori tersendiri bagi sang anak ketika ia dititipkan di rumah neneknya karena Keita dinas ke luar kota. Kebetulan, si anak selalu memakai jaket itu.

"Karena saya yang selalu memakaikan, dalam perjalanan juga saya yang nyelimutin dia pakai jaket itu, bisa jadi dia punya banyak kenangan indah sama si jaket bintang mungkin ya," tutur Keita.

Terkait hal ini, psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli MPsi, Psikolog mengatakan kondisi seperti itu menandakan bahwa anak sedang attach alias lekat ke benda tertentu. Sebab, wanita yang akrab disapa Vera ini mengatakan di umur tertentu anak butuh lekat ke benda tertentu untuk pengganti sang ibu.

"Ada anak pegang boneka, selimut, baju tertentu itu mungkin dia lihat sebagai intimacy dengan mamanya. Dia lagi bikin asosiasi, misalnya ada gambar panda di jaket yang diberikan mamanya. Jadi saat dia lihat gambar panda itu, dia merasa spesial. Apalagi dia dibilang cakep pakai jaket itu, dia akan pakai berulang-ulang," tutur Vera kepada detikHealth usai Konferensi Pers BebeHero Hi5 di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Nah, saat anak enggan benda yang lekat dengan dia dicuci, apa trik yang bisa dilakukan orang tua? Menurut Vera, coba cuci benda itu bersama-sama. Dengan kata lain, kelekatan si anak terhadap benda itu digantikan.

"Keberadaan boneka digantikan dengan kehadiran kita, itu caranya. Saya juga sering pakai cara itu kok kalau anak nggak mau benda kesayangannya seperti selimut, guling, atau bonekanya dicuci," kata ibu dua anak ini.

Ayah dan Ibu punya pengalaman serupa dengan Keita yang anaknya sangat lekat dengan jaketnya? Bagaimana Anda menyikapinya? Yuk berbagi kisah di kolom komentar di bawah ini, atau email ke redaksi@detikhealth.com

Baca juga: Trik Agar Ibu Tak Terlalu Galau Saat Kembali Bekerja Setelah Melahirkan

(rdn/vit)