Kamis, 15 Des 2016 18:02 WIB

Bocah yang Fotonya Sering Jadi Meme dan Kisah Kumpulkan Dana Berobat sang Ayah

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Instagram Laney Griner
Jacksonville, Florida - Pernahkah Anda melihat foto bayi yang sering jadi meme ini? Bayi dengan tangan kanan mengepal pasir di depan dada dan ekspresi wajah penuh optimisme. Kini dia sudah besar lho.

Dikutip dari metro.co.uk bocah itu bernama Sammy Griner, dan saat ini sudah berusia 10 tahun. Fotonya pertama kali muncul pada 2007 lalu. Saat foto diambil, dia masih berusia 11 bulan.

Sammy kecil sering disebut sebagai 'bocah sukses' lantaran fotonya digunakan untuk meme berbagai hal yang menggambarkan hal positif. Kata sang ibu, Laney Griner, keluarga mereka selama ini nyaris tidak pernah mendengar hal negatif yang merujuk pada foto putranya.

Di usia delapan tahun, Sammy pernah muncul dengan penggalangan dana untuk biaya transplantasi ginjal sang ayah. Transplantasi ginjal ini menjadi pilihan medis karena selama enam tahun harus menjalani cuci darah lantaran gagal ginjal.

Bocah yang Fotonya Sering Jadi Meme dan Kisah Kumpulkan Dana Berobat sang AyahFoto: Instagram Laney Griner
Baca juga: Mengharukan! Kisah Bocah 4 Tahun yang Terima Donor Ginjal dari Gurunya

Ibunda Sammy mulanya tidak ingin menggunakan popularitas meme anaknya untuk menggalang dana. Tapi karena mereka benar-benar butuh uang untuk biaya berobat, Laney kemudian berubah pikiran. Penggalangan dana dilakukan melalui Go Fund Me.

Akhirnya terkumpul dana sekitar Rp 1,3 miliar. Setelah donor ditemukan, ayah Sammy sukses menjalani operasi. Kata Laney, kondisi suaminya saat ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Dikutip dari cbsnews.com Sammy sendiri sebenarnya merasa terganggu jika ada orang yang terus-menerus memintanya meniru posenya saat bayi yang jadi viral. Namun dia juga bersyukur bahwa meme-meme dengan foto dirinya saat bayi itulah membuat dia dikenal banyak orang sehingga banyak yang membantu untuk biaya pengobatan sang ayah.

Sammy pun sebenarnya saat lahir sempat memiliki masalah. Dia lahir enam pekan lebih awal dari tanggal yang diperkirakan. Selain itu dia harus menjalani operasi karena ada penumpukan cairan abnormal di rongga yang terletak jauh di dalam otak.

"Namun dia pulih secara fantastis dan sekarang dia sudah besar," ucap Laney.

Bocah yang Fotonya Sering Jadi Meme dan Kisah Kumpulkan Dana Berobat sang AyahFoto: Instagram Laney Griner

Baca juga: Kisah Anak yang Turunkan Bobot 10 Kg Demi Bisa Jadi Donor Hati untuk Ayahnya

(vit/up)