Rabu, 21 Des 2016 19:02 WIB

Susah Ajak Anak Gosok Gigi? Ini Tips Mengatasinya

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kebiasaan menggosok gigi ialah kebiasaan sehat untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Apalagi untuk anak usia balita yang sudah mulai mengonsumsi berbagai jenis makanan, menggosok gigi secara teratur merupakan hal penting yang diajarkan sejak awal.

Namun, faktanya sebagian orang tua mengeluh bahwa anak-anak tidak langsung memahami pentingnya rutinitas ini. Butuh pengenalan serta pembelajaran supaya si kecil bisa mulai merawat kesehatan giginya.

Menurut dokter spesialis anak dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr Meta Hanindita, SpA ada berbagai cara jitu yang bisa dilakukan agar anak rajin menggosok giginya. Salah satunya dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, misalnya mengajak anak membeli sikat gigi yang sesuai dengan pilihan anak atau bernyanyi bersama.

Baca juga: Cara Asyik dari Bu Dokter untuk Biasakan si Kecil Menggosok Gigi

"Pertama, ciptakanlah suasana yang menyenangkan untuk sikat gigi. Libatkan anak dalam membeli sikat gigi berwarna atau bergambar karakter yang ia sukai. Nyanyikan lagu anak-anak tentang menyikat gigi," papar dr Meta kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Agar si kecil tetap semangat belajar menggosok gigi, sebaiknya kenalkan pula tentang pentingnya menjaga kebersihan mulut dari 'monster' atau bakteri sisa makanan yang bisa mengakibatkan kerusakan pada gigi. "Sering-sering jelaskan pada anak apa manfaat sikat gigi dan apa dampaknya jika ia tidak mau sikat gigi," kata dr Meta.

Baca juga: Kalau Rajin Gosok Gigi, Ingatannya Bakal Tetap Tajam Saat Tua Nanti

Untuk hal ini, dr Meta menganjurkan bahwa orang tua bisa menggosok gigi bersama anak di kamar mandi. Lakukan di depan anak, sehingga anak bisa melihat cara menggosok gigi yang tepat.

"Selain itu, sikat gigilah bersama anak. Beri contoh pada anak bagaimana menyikat gigi itu. Anak biasanya akan meniru orangtuanya. Setelah itu, lakukan praktik menyikat gigi bersama anak," terang dr Meta. (hrn/up)