Rabu, 25 Jan 2017 17:34 WIB

Dikira Menyakiti Bayinya, Padahal Ibu Ini Sedang Memberi Terapi

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Facebook
Birmingham - Apa yang dilakukan ibu bernama Samantha Carrier ini sempat menuai protes karena dianggap dapat menyakiti sang anak. Meski kenyataannya, apa yang dilakukan Samantha adalah fisioterapi untuk bayinya, Daisy Evans yang berusia 3 bulan.

Si kecil Daisy didiagnonis cystic fibrosis. Ini merupakan kelainan bawaan yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada paru-paru, sistem pencernaan, dan organ tubuh lain. Pada bulan Desember 2016 lalu, Samantha mengunggah foto berdurasi 4 menit 57 detik di mana ia menepuk-nepuk dada si kecil Daisy yang tengah tertidur lelap.

Memang, tampak Samantha menepuk dada Daisy dengan agak keras. Tapi, itu memang bentuk fisioterapi yang diberikan Samantha. Dalam keterangan video, ia menulis bahwa dirinya menyadari video ini bisa membuat orang tua shock jika mereka tidak mengetahuinya.

"Tapi percayalah, ini tidak semengerikan yang Anda kira. Sebab, ketika bayi kami berumur 2,5 minggu kami perlu melakukannya untuk mencegah terjadinya kerusakan paru. Video ini hanya ingin memberi tahu bagaimana fisioterapi untuk bayi dengan cystic fibrosis," tulis Samantha.

Daisy Evans, bayi dengan cystic fibrosis yang dikira disakiti ibunya padahal sedang diterapiDaisy Evans, bayi dengan cystic fibrosis yang dikira disakiti ibunya padahal sedang diterapi / Foto: Just Giving


Treatment ini, kata Samantha, dilakukan selama 25 menit sebanyak 3 kali sehatri. Samantha menegaskan bahwa itu tidak menyakiti bayi selama dilakukan dengan tepat. Apalagi, dalam video Daisy tidak terganggu dan tetap tertidur lelap. Kadang, Daisy justru tersenyum ketika di-treatment seperti ini.

"Ini seperti ketika mengalami batuk berdahak dan kita bisa mengelurkan riak, kita merasa lebih baik bukan? Ya seperti itulah rasanya. Silakan bagikan video ini untuk meningkatkan kepedulian terhadap cystic fibrosis," tambah Samantha.

Sayangnya, beberapa orang mengajukan protesnya karena menganggap Samantha menyakiti putrinya. Dilaporkan BBC West Midlands, bahkan Samantha disebut 'si pemukul anak'. Seorang netizen meminta Samantha menghentikan apa yang dia lakukan sementara yang lain bingung dengan apa yang dilakukan Samantha dan ada juga yang menganggap Samantha bisa mematahkan tulang iga anaknya.

Baca juga: Setahun Dikira Cystic Fibrosis, Wanita Ini Ternyata Kena Penyakit Misterius

Namun, lebih banyak netizen lain yang menyadari apa yang dilakukan Samantha. Sebagian netizen membagikan pengalamannya sebagai pasien atau caregiver yang sudah familiar dengan terapi ini. Netizen lain memberi dukungan Samantha karena dengan video inilah Samantha justru hendak meningkatkan kepedulian pada cystic fibrosis.

Dalam situs galang dana just giving, Samantha sedikit mencurahkan isi hatinya bajwa di tanggal 26 Oktober tahun lalu ia menemima kabar bahwa Daisy positif mengidap dua jenis cystic fibrosis, di mana satu jenis umum terjadi sedangkan satu jenis langka.

"Dunia saya seperti terbelah dan ini adalah salah satu hari terburuk dalam hidup saya," tulisnya. Di situs Just Giving, Samantha dan suaminya Rob menggalang dana untuk Cystic Fibrosis Trust. Diharapkan, dengan bantuan dana yang kini terkumpul sekitar Rp 17 juta, penelitian soal cyctic fibrosis bisa lebih ajeg dilakukan dan bisa menemukan pengobatan untuk kondisi ini.

Dikutip dari Mayo Clinic, cystic fibrosis memengaruhi sel yang memproduksi lendir, keringat, dan cairan pencernaan. Cairan sekresi itu normalnya licin dan tipis. Tapi, pada pasien cyctic fibrosis, kecacatan beberapa gen membuat cairan itu lengket dan tebal. Alih-alih bertindak sebagai pelumas, cairan itu justru menyumbat tabung dan saluran, terutama di paru-paru dan pankreas.

Nah, apa yang dilakukan Samantha dalam video adalah active cycle of breathing techniques (ACBT). NHS menyebutkan, ACBT adalah teknik yang terdiri dari gerakan merilekskan proses bernapas, diikuti dengan latihan ambil napas dalam kemudian menghembuskan napas.

Baca juga: Peneliti Menemukan Terapi Baru Untuk Menyembuhkan Cystic Fibrosis


(rdn/vit)