Sabtu, 28 Jan 2017 12:14 WIB

Tips Penting untuk Orang Tua Saat Kenalkan Anak pada Gadget

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Saat anak mulai mengenal gadget, ada beberapa aturan yang perlu diterapkan orang tua agar si anak tak 'kebablasan'. Apa saja?

Seperti disampaikan oleh psikolog Annelia Sari Sani, MPsi, saat ini, tren penggunaan gadget atau smartphone di kalangan anak-anak sudah menjadi hal yang wajar. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk melek terhadap perkembangan teknologi agar orang tua dapat mengontrol penggunaan gadget pada anak, sehingga anak pun lebih merasakan manfaat positif, dibandingkan dampak negatifnya.

"Agar penggunaan gadget dapat berfungsi optimal bagi tumbuh kembang anak, orang tua diharapkan dapat membuat aturan bagi anak, misalnya dengan membatasi maksimal jam penggunaan smartphone," tutur Annelia dalam konferensi pers HiLo Drawing Competition 2017 di Veranda Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (26/1/2017).

Selain itu, Annelia juga mengingatkan bahwa orang tua wajib mendampingi anak saat mengeksplorasi gadget, serta membantu menciptakan pemikiran bahwa manusialah penguasa alat eletronik dan bukan sebaliknya, sehingga anak dapat belajar menggunakannya secara bijaksana.

Baca juga: Tak Melulu Buruk, Asal Tepat Main Gadget Juga Positif Bagi Anak

Agar anak bisa lebih terbiasa dengan aturan dan belajar disiplin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua. Salah satunya, orang tua perlu menguasai gadget itu sendiri. Termasuk jika hendak mengenalkan aplikasi atau game pada anak, maka orang tua perlu memainkan game tersebut terlebih dahulu untuk memastikan kemananannya.

Ingatkan juga pada anak tentang pentingnya menjaga informasi pribadi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Waspadai juga jika anak tidak sengaja berhadapan dengan konten yang tidak sesuai dengan usianya.

"Ajarkan etika berhubungan dengan orang lain di media sosial, kadang kan anak tanpa diketahui bisa saja ternyata sedang berhubungan dengan orang yang lebih tua tapi seperti bicara dengan teman sebayanya," imbuh Annelia.

Yang tak kalah penting adalah memberikan contoh yang baik. Jika orang tua membatasi penggunaan gadget pada anak tapi justru mencontohkan sebaliknya, anak justru bisa jadi mengabaikan aturan tersebut. "Akali dengan memperbanyak waktu makan bersama, meski terkesan remeh tapi aktivitas ini bisa menguatkan bonding. Ini waktu yang baik untuk mengajarkan anak tentang kedisiplinan," pesan Annelia.

Baca juga: Studi: Iritasi Mata Lazim Ditemukan pada Anak yang Suka Main Ponsel (ajg/vit)
News Feed