Amankah Pemakaian Antiperspirant Pada Ibu Menyusui?

ADVERTISEMENT

Amankah Pemakaian Antiperspirant Pada Ibu Menyusui?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Kamis, 09 Feb 2017 10:06 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Apa makanan dan minuman yang dikonsumsi serta apa yang dipakai ibu menyusui bisa menimbulkan kekhawatiran terhadap proses menyusui. Salah satunya adalah penggunaan antiperspirant.

Terkait hal ini, Direktur Oklahoma Breastfeeding Resource Center, Becky Mannel, BS, IBCLC, FILCA mengatakan ibu memang sebaiknya hati-hati saat memakai produk kecantikan, termasuk antiperspirant ketika hamil. Tapi, itu tak perlu terlalu dikhawatirkan saat ibu menyusui.

"Sebab ada banyak lapisan pelindung antara antiperspirant yang Anda gunakan dengan bayi Anda. Memakai antiperspirant saat menyusui tak perlu dipermasalahkan. Saat ini diaplikasikan di kulit, konsentrasi bahan topikal di dalamnya secara umum tidak akan masuk ke aliran darah ibu dan tidak akan bisa terserap ke ASI," jelas Mannel, dikutip dari Fit Pregnancy.

Soal kandungan aluminium pada antiperspirant yang banyak dikhawatirkan para ibu, menurut Mannel bahan tersebut tidak akan terserap dari ketiak sampai ke ASI. Dikutip dari Mommy Meds, sebuah studi menunjukkan aluminium yang terserap melalui ASI lebih sedikit ketimbang yang didapatkan dari makanan yang diasup.

Baca juga: Benar Nggak Sih Pakai Deodoran Bisa Picu Kanker Payudara?

Namun, studi pada kelinci menunjukkan suplai air susu menurun ketika kelinci terekspos aluminium dalam jumlah tinggi. Untuk itu, menurut Mannel tak ada salahnya jika Anda menghindari antiperspirant dengan kadar aluminium yang tinggi.

"Anda juga perlu membedakan apakah Anda memakai antiperspirant atau deodoran. Antiperspirant menggunakan bahan seperti aluminium untuk memblok produksi keringat. Sementara deodoran meminimalkan bakteri di keringat yang menyebabkan bau badan," kata Mannel.

Ia menyarankan, Anda bisa memilih deodoran berbahan mineral, minyak esensial, atau charcoal. Satu hal yang penting, lanjut Mannel, perhatikan segala sesuatu yang Anda gunakan kemudian cek kebenaran berbagai rumor yang beredar di masyarakat.

Baca juga: Begini Ekspresi Natural Ibu yang Bahagia karena Berhasil Menyusui Bayinya (rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT