Sabtu, 11 Feb 2017 09:04 WIB

Dampak Jika Anak Sering Disuapi Sambil Dibiarkan Main Gadget

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kegiatan menyuapi si kecil bisa jadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Nah, agar anak mau makan dan mudah membuka mulut saat disuapi makanan, ada orang tua yang membiarkan anak memainkan gadgetnya saat makan.

Menanggapi hal ini, psikolog anak dari Tiga Generasi, Chitra Annisya MPsi., Psikolog mengatakan kegiatan makan pada dasarnya adalah proses pembelajaran. Lebih tepatnya proses yang harus dilakui anak dari memahami dia lapar, memasukkan makanan ke mulut, lalu dikunyah, dan menelan hingga akhirnya ia kenyang.

"Kalau saat makan anak fokus pada gadget, dia tidak akan menyadari proses yang dilalui. Akibatnya proses makannya jadi nggak optimal. Ketika makan nggak ada gadget, dia nggak bisa menikmati proses makannya," kata Chitra saat berbincang dengan detikHealth di sela-sela 'Konsulteatime' baru-baru ini.

Ketika anak sering makan sambil main gadget ia juga bisa jadi sulit makan dan jadi anak yang picky eater. Pasalnya, anak tidak menyadari tekstur makanan bermacam-macam karena fokus pada gadget. Lalu, karena keasyikan dengan gadget-nya, anak bisa cenderung mengemut makanan.

"Padahal kan mengunyah itu proses yang cukup sulit. Nah, untuk jangka panjang, bisa terhambat tuh kemampuan bicaranya. Karena saat bicara kan ada organ oral motor yang mesti matang dan terlatih sehingga anak bisa menghasilkan suara yang betul dan tepat," tambah Chitra.

Untuk mengatasi kebiasaan ini, Ayah dan Ibu bisa mulai mengurangi durasi anak makan sambil main gadget secara bertahap. Penting bagi orang tua memenuhi nutrisi anak karena bukan tak mungkin ketika gadget-nya ditarik, anak jadi mogok makan, terutama di akhir-akhir waktu makan.

Baca juga: Trik Responsive Feeding Agar Anak Makan dengan Lahap dan Tanpa Paksaan

Untuk anak di atas 3 tahun, ia sudah bisa diberi tahu 'kontrak kerja'. Dalam hal ini, beri tahu si kecil dengan gambaran sederhana jika jarum jam sudah di angka sekian maka waktunya main gadget saat makan sudah habis.

"Jangan lupa katakan kalau anak berhasil melakukan ini dia akan dapat reward. Reward cari yang menarik buat anak jadinya dia senang dan semangat. Kalau anak yang nggak terlalu kecanduan biasanya dia mudah tertarik dengan kegiatan lain. Intinya orang tua mesti kreatif," tutur Chitra.

Lantas, bagaimana jika mengalihkan kegiatan main gadget sambil makan dengan mengajak anak jalan-jalan, misalnya berkeliling kompleks rumah?

"Sebetulnya makan itu kegiatan pembentukan disiplin yang paling dasar. Kalau udah dikasih aturan makan itu di meja makan, ke depannya kalau kita mau terapkan dispilin, jadi lebih mudah. Saat anak terbiasa makan nggak di meja, nantinya saat besar akan sulit buat kita minta dia duduk di meja makan saat makan. Jadi memang sebetulnya nggak tepat ya," papar Chitra.

Ia menekankan, ketika anak terbiasa makan tidak di meja makan tapi sambil main gadget atau nonton televisi maka dampaknya anak susah diatur, itu belum tentu. Hanya saja, meningkatkan risiko anak lebih sulit menerapkan aturan.

Baca juga: Bisa Dicoba, Kegiatan Sederhana di Rumah untuk Alihkan Anak dari Gadget-nya (rdn/vit)