Sabtu, 08 Apr 2017 20:32 WIB

Kisah Andien Menyiapkan Kehamilan Sejak Sebelum Nikah

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Firdaus Anwar
Jakarta - Kehamilan adalah sesuatu yang harus direncanakan dengan matang, alasannya agar anak nanti bisa tumbuh optimal menjadi individu yang sehat. Terkait hal tersebut penyanyi Andien bercerita bagaimana ia menyiapkan kehamilannya.

Berbicara di acara Pregnancy Educational Journey di Hotel Pullman, Jakarta Barat, Sabtu (8/4/2017), Andien mengaku sudah bersiap menyambut kehamilan bahkan sebelum dirinya menikah. Ia bersama dengan pria yang kini menjadi suaminya, Irfan Wahyudi, melakukan cek kesehatan pranikah termasuk di dalamnya cek genetik.

"Waktu awal sekali sebelum menikah kita cek dulu ke dokter. Tes darah, tes semuanya karena kita yakinnya begitu hamil ada dua (genetik -red) yang bersatu," ungkap Andien

Setelah itu sepanjang kehamilan Andien juga menjaga asupan makanan. Meski dengan kesibukannya menyanyi tampil di depan publik sebisa mungkin Andien menjaga keseimbangan nutrisi dibantu oleh suami.

Baca juga: Gatal Luar Biasa Saat Hamil, Ternyata Ibu Ini Alami Kondisi Serius

"Waktu trimester pertama itu mual banget. Yang menjadi kendala adalah kalau lagi manggung, jadi misal lagi nyanyi kan enggak boleh kelihatan dengan orang kalau saya lagi mual jadi harus tetap senyum," ungkap Andien.

Andien AisyahAndien Aisyah Foto: Firdaus Anwar
"Pintar-pintarnya kita aja karena pas lagi mual gitu kan nafsu makan berkurang berarti nutrisinya yang masuk harus benar-benar bagus. Sayur-sayuran, buah-buahan, protein dibanyakin sama minum susu," lanjutnya.

Hingga pada tanggal 7 Januari lalu lahir lah bayi laki-laki yang dinamakan Anaku Askara Biru. Andien mengaku tidak ada masalah pada pemberian ASI eksklusif semua sekali lagi berkat dukungan dari suami.

"Alhamdulillah lancar... Kuncinya dicintai sama suami, itu benar-benar lho perannya sangat penting. Kalau dihujani cinta terus setiap hari udah deh pasti ASI mengalir," pungkas Andien.

Baca juga: Preeklampsia Bisa Terjadi pada Siapapun, Deretan Selebriti Ini Buktinya

(fds/vit)