Selasa, 09 Mei 2017 20:05 WIB

Video Ini Gambarkan Sisi Rapuh di Balik Ketegaran Sosok Ibu

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Potret rapuh ibu yang merawat anaknya yang sakit (Foto: Youtube/ Sick Kids)
Jakarta - Orang tua, salah satunya ibu, yang kuat diperlukan ketika buah hati tengah sakit. Namun, seorang ibu tetaplah manusia. Meski selama ini tetap tegar merawat sang anak yang sakit, ibu juga bisa jadi sosok yang 'rapuh'. Itulah yang tergambar dalam video ini.

Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh di tanggal 14 Mei di Amerika Serikat dan Kanada, Sick Kids Foundation membuat sebuah video tentang sisi lain seorang ibu ketika merawat sang anak yang sakit. Video ini diharap bisa mengetuk pintu hati masyarakat untuk memberikan donasi yang nantinya akan dibelikan hadiah untuk para ibu di Hari Ibu mendatang.


Potret rapuh ibu saat merawat anaknya yang sakitPotret rapuh ibu saat merawat anaknya yang sakit (Foto: Youtube/ Sick Kids)


Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik tersebut, tergambar kesedihan dari beberapa ibu. Ada ibu yang berdiri di bawah pancuran shower sembari menangis. Kemudian, ibu lain meringkuk di tempat tidur sembari menahan air matanya. Ada pula seorang ibu yang digambarkan duduk di pinggir tempat tidur sambil menggenggam mainan dan ibu lain mencoba mencari ketenangan di geraja.

Digambarkan pula kesedihan para ibu yang mencapai titik frustasi. Seorang ibu menumpahkan obat berbentuk pil di botol dan seorang ibu tampak memukul-mukul setir mobil. Ditambah lagi seorang ibu yang menangis ketika diberi penjelasan oleh dokter soal perawatan bayi yang memiliki kebutuhan khusus.

Baca juga: Perjuangan Mencari Pengobatan untuk Bayi yang Sakit Langka

Namun, setelah melewati fase kesedihan itu, masing-masing ibu digambarkan berhenti menangis dan kembali bangkit. Di akhir video, semua ibu kembali menemukan motivasinya untuk bisa merawat sang anak dan memberi yang terbaik untuk buah hatinya.

"Lima ibu di video itu adalah orang tua dari pasien anak di Toronto Hospital. Apa yang dialami ibu-ibu itu menggambarkan apa yang juga dialami orang tua lain ketika anak mereka sakit atau memiliki kondisi khusus. Banyak ibu yang bereaksi positif saat melihat video ini karena video ini memang berusaha menangkap momen natural yang emosional di seluruh dunia," kata VP of Brand Strategy and Communications SickKids, Lori Davison, dikutip dari Daily Mail.

Seorang ibu bernama Shillann menggambarkan bagaimana perasaannya ketika sang anak didiagnosis Aromatic L-Amino Acid Decarboxylase Deficiency (AADC), kelainan genetik langka yang berkaitan dengan Parkinson. Dia mengatakan hari-harinya diisi dengan ketakutan dan kekhawatiran.

Potret rapuh ibu saat merawat anaknya yang sakitPotret rapuh ibu saat merawat anaknya yang sakit (Foto: Youtube/ Sick Kids)


Baca juga: Bolehkah Anak Divaksin Saat Sakit?

Sementara, Laura Shapes shock bukan kepalang ketika tahu putrinya mengidap kanker otak stadium terminal. Pertama kali mendengar kabar itu, Laura mengaku hatinya hancur. Meski demikan, baik Shilann maupun Laura berusaha memberikan yang terbaik untuk buah hatinya.

Caregiver bagi anak yang sakit, terutama ibu memang rentan mengalami stres dan tekanan baik secara fisik, psikis, juga finansial. The Centers for Disease Control and Prevention menganjurkan para caregiver untuk mencari dukungan dan menyediakan waktu sejenak untuk 'me time'. Ini bisa didapat ketika dilakukan kerja sama dengan anggota keluarga lain.

Kemudian, penting mengetahui tanda stres misalnya merasa kelelahan, sulit tidur, sering lupa, dan mulai menarik diri dari kehidupan luar.




(rdn/vit)