ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Mei 2017 09:38 WIB

Menyikapi Anak yang Sedikit-sedikit Mengadu ke Orang Tua

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Orang tua merupakan figur pelindung bagi anak, maka wajar jika anak mengadukan apa yang ia alami kepada ayah atau ibunya. Namun, bagaimana jika anak selalu mengadukan apa yang dia alami atau dengan kata lain, anak 'sedikit-sedikit' langsung mengadu pada orang tuanya.

Menurut Gisella Tani Pratiwi MPsi, saat anak sedikit-sedikit mengadu, orang tua atau pengasuh sebaiknya langsung memastikan aduan tersebut. Apakah aduan anak bersifat penting atau tidak.

"Apakah aduan memang penting atau tidak. Penting maksudnya aduan memang ada perilaku yang membahayakan dan menyakiti anak," ucap wanita yang akrab disapa Ella ini kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Saat Anak Adukan Apa yang Dialami di Sekolah, Begini Baiknya Ortu Bersikap

Ella menjelaskan jika aduan anak benar dan bersifat penting maka orang tua sebaiknya langsung membantu. Ella mengatakan, aduan yang tidak penting misalnya, aduan mengenai hal sepele yang sebenarnya bisa diatasi sendiri oleh anak.

"Kalau anak memang mengadu hal-hal sepele jangan diabaikan juga. Coba diskusikan dengan anak mengenai solusi yang bisa anak lakukan dengan mandiri," sambung wanita berambut pendek ini.

"Jika memang sulit (mengatasi masalah) tentu anak bisa meminta tolong orang dewasa atau pengasuh," imbuh Ella.

Selain itu, Ella mengingatkan orang tua untuk tidak mengabaikan aduan si kecil. Sebab, ketika anak diabaikan ada risiko anak dalam kondisi berbahaya dan tidak mendapat pertolongan. Atau risiko lainnya, anak jadi enggan menceritakan lagi apa yang ia alami ke orang tuanya karena merasa diabaikan.

Baca juga: Anak Selalu Mengadu ke Orang Tua Saat Ada Masalah di Sekolah, Wajarkah? (rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT