Jumat, 12 Mei 2017 09:35 WIB

Studi: Bakteri Baik pada Puting Ibu Bantu Kuatkan Usus Bayi

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Satu lagi alasan agar para ibu baru bersemangat memberikan air susu ibu (ASI) pada buah hatinya. Studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa bakteri baik yang terdapat pada ASI baik bagi kekuatan usus bayi.

Tak cuma itu, keberadaan bakteri baik yang ada di puting ibu bahkan juga bisa memberikan manfaat yang serupa. Demikian disampaikan oleh para peneliti dari University of California Los Angeles' Pediatric Department, dan dikutip dari Daily Mail.

Selama bulan pertama kehidupannya, bayi menerima lebih dari 25 persen bakteri usus mereka dari ASI dan sekitar 10 persen dari kulit areola di sekitar puting susu ibu.

Bakteri yang 'dipindahkan' ini sangat penting, karena beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa keragaman bakteri pada usus sejak dini dapat menurunkan risiko asma dan alergi.

Baca juga: Dukung ASI, Ibu Ini Menyusui Bayinya di Ruang Parlemen

Salah seorang peneliti yang terlibat, Dr Grace Aldrovandi, mengatakan bahwa studi ini mengambil kesimpulan bahwa proses menyusui memberikan manfaat unik bagi bayi: yakni 'memindahkan' bakteri baik pada anak, untuk memberikan manfaat yang tak cuma untuk jangka pendek, tapi juga untuk kesehatannya dalam jangka panjang.

Studi-studi sebelumnya bahkan menunjukkan bahwa beberapa jenis bakteri ini dapat membantu melawan risiko obesitas, meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh, dan bahkan memengaruhi kinerja otak.

"Kita semua sudah lama tahu manfaat dari ASI. Kali ini kami menemukan bahwa feses bayi yang disusui ASI memiliki bakteri tertentu, yang tak dimiliki oleh anak yang tidak diberikan ASI," imbuh Aldrovandi.

Ia menambahkan, proses menyusui sendiri dapat membantu melindungi bayi dari infeksi pernapasan dan saluran pencernaan, penyakit alergi, dan juga mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, obesitas dan penyakit radang usus.

Baca juga: 7 Kontak Menyusui untuk Bantu Ibu Lancar Menyusui (ajg/vit)