Senin, 15 Mei 2017 09:35 WIB

Begini Dampaknya Jika Ortu Terlalu Membatasi Makanan Anak

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang sehat. Nah, tidak jarang orang tua kerap melarang anak untuk mengonsumsi ini dan itu.

Menanggapi hal ini, DR dr Zakiudin Munasir SpA(K) mengatakan membatasi makanan pada anak bisa menyebabkan tubuh anak mengalami intoleran terhadap makanan tersebut. Sehingga sebaiknya anak diperkenalkan setiap jenis makanan agar tubuh dapat mengenal dan beradaptasi.

"Memang (melarang makanan tertentu) banyak orang tua yang ngelarang gitu. Padahal anak juga sedang masa pertumbuhan," ucap dr Zaki dalam acara Platinum Kids Olympics For Morinaga Allergy Week di Lapangan Aldiron, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (14/5/2017).

Selain dapat menyebabkan intoleran, membatasi makanan juga dapat menghambat tumbuh kembang sang anak. Sebab anak bisa mengalami kekurangan protein yang seharusnya ia peroleh.

Baca juga: Agar Tak Jadi Sarang Kuman, Begini Cara Meletakkan Kain Pel yang Benar

Nah, akibatnya pola asuh tersebut anak bisa menjadi seorang yang pemilih dan sulit makan. Oleh karena itu dalam kesempatan yang sama, Dr Rose Mini A Prianto MPsi menjelaskan cara mengatasi dampak tersebut.

"Ubah dulu pola pikir orang tua. Biasanya orang tua kan kalau ngelarang anak ini itu bukan karena kasian tapi takut panik kalau anak sakit," kata Rose.

Selanjutnya, orang tua dapat memberitahu anak seperti 'kamu boleh lho makan ini, ibu ternyata baru baca'. Nah dengan begitu perlahan-lahan anak akan mulai mencoba memberanikan diri mencoba makanan tersebut.

Baca juga: Pola Makan Anak Telanjur Tidak Tepat? Begini Mengatasinya (rdn/up)