Selasa, 16 Mei 2017 11:04 WIB

Anak Alergi Perlu Tambahan Makanan Khusus? Ini Kata Dokter

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Getty Images
Jakarta - Alergi mengharuskan seseorang untuk menghindari faktor pencetus, misalnya makanan tertentu. Nah, jika alergi dialami anak, untuk memenuhi gizinya apakah anak alergi perlu tambahan makanan khusus?

"Dicek dulu anak alergi makanan apa dan jangan asal pantang. Setelah tahu, baru cari pengganti makanan," ucap dokter spesialis alergi anak, Dr dr Zakiudin Munasir SpA(K) kepada detikHealth baru-baru ini.

Ia memberi contoh, ketika anak mengalami alergi telur maka orang tua bisa memberikan makanan lain yang memiliki protein yang kandungannya sama seperti pada telur. Namun, dr Zaki mengingatkan sekali lagi bahwa hal tersebut harus melalui proses pemeriksaan terlebih dahulu.

Baca juga: Jika Tak Mau Anak Kena Alergi, Trik Ini Bisa Dilakukan Orang Tua Sejak Awal

Ditemui dalam kesempatan sama, dr Mally Dumakuri dari RS Metropolitan Medical Centre (MMC) mengamini pernyataan dr Zaki. Ia menyebutkan sebelum orang tua memutuskan mencari protein dari makanan lain sebaiknya orang tua sudah memastikan jenis pemicu alergi sang anak.

"Misalnya anak alergi protein susu sapi maka nanti olahan makanannya juga harus bebas dari protein susu sapi. Tapi tergantung anaknya juga, karena ada yang perlahan-lahan toleran tubuhnya," ucap dr Mally.

"Nah, untuk menghindari alergi protein sapi bisa diatasi dengan pemberian air susu ibu (ASI) secara eksklusif enam bulan pada bayi ya," pungkas dr Mally.

Baca juga: Asal Bayi Tak Alergi, Ibu Menyusui Tak Perlu Pantang Makan Ikan

(rdn/vit)