Senin, 22 Mei 2017 09:01 WIB

Ayah dan Ibu, Jangan Senang Dulu Kalau Batita Betah 'Duduk Manis'

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Getty Images
Jakarta - Anak batita (di bawah usia tiga tahun) yang aktif kadang bikin ayah dan ibu repot. Tapi, jika mereka cenderung selalu anteng saja alias 'duduk manis', itu tak baik juga lho.

Seperti penuturan dr Luh Karunia Wahyuni SpKFR(K) dari RS Bunda Jakarta, utamanya di bawah usia dua tahun, sejatinya anak sedang mengeksplorasi apa yang ada di sekitarnya. Sehingga, semua ingin diketahui, dilihat, didengar, dan diraba oleh anak.

"Jadi jangan senang dulu kalau anaknya selalu duduk manis. Justru di usia di bawah tiga tahun anak sedang aktif mencari stimulus untuk bisa dipelajari," kata dr Luh dalam Parenting Class 'Merawat dan Bermain Bersama Bayi dan Batita' yang diselenggarakan Klinik dr Tiwi dan Merries di Casa Grande, Kota Kasablanka, Jakarta.

Baca juga: Jangan Terlalu Khawatir Ya Saat Anak Main 'Kotor-kotoran'

Misalnya saat anak tidak bisa diam dan cenderung senang mengikuti gerakan tarian di televisi. Menurut dr Luh, baiknya jangan larang anak untuk aktif bergerak. Bahkan, ia menyarankan untuk ayah atau ibu mengajak anak belajar sambil bermain bersama.

"Saat ibu membelakangi anak, persepsi sisi tubuh kanan ibu sama dengan dirinya. Tapi waktu ibu balik badan, menghadap ke arah anak, persepsi yang muncul sisi kiri tubuh ibu sama dengan sisi kanan tubuh anak, itu kan sifatnya lebih kompleks," kata dr Luh yang juga praktik di RS Cipto Mangunkusumo ini.

Ia menambahkan, batita juga cenderung mudah bosan ketika diberi mainan. Sehingga, saat diberi mainan baru dalam waktu singkat anak jadi tidak anteng lagi, hal ini menurut dr Luh lumrah mengingat di usia tersebut mereka sedang mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Sehingga, ketika diberi satu mainan, anak bisa mudah mencari mainan lain supaya dia mendapat hal yang baru dan stimulasi yang berbeda.

Dalam kesempatan sama, dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA, MARS atau dr Tiwi mengatakan memang baik menyediakan beragam mainan untuk anak. Tapi ingat, jika tidak ada orang yang mengajak anak memainkan mainan tersebut, maka sama saja bohong. Sebab, bagi anak batita, pendampingan orang tua untuk memberi pengarahan ketika anak bermain penting dilakukan.

Baca juga: Ini Alasan Anak-anak Mudah Paham Cara Pakai Gadget


(rdn/vit)
Debat Capres AS
×
Biden vs Trump
Biden vs Trump Selengkapnya