Selasa, 23 Mei 2017 17:29 WIB

Minum Kopi Saat Menyusui Bisa Bikin Bayi Rewel? Ini Kata Dokter

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Kopi (Foto: thinkstock) Kopi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Benarkah ibu yang sedang menyusui tidak boleh mengonsumsi kopi? Konon minum kopi saat menyusui bisa bikin bayi rewel. Yuk simak penjelasan dokter.

dr Diana F Suganda MKes SpGK dari RS Pondok Indah Bintaro mengatakan air susu ibu (ASI) sangat dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi ibu. Sehingga saat ibu menyusui minum kopi, maka ASI juga akan mengandung kafein.

"Anak rewel setelah ibu konsumsi kopi itu bisa karena ada gas di pencernaannya yang terhambat. Jadi nggak buat nyaman dia," ucap dr Diana di sela-sela acara Nutrisi Seimbang Bagi Ibu Hamil dan Menyusui Selama Berpuasa' oleh RS Pondok Indah di JJ Royal Bistro, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2017).

Baca juga: Tantangan ASI Eksklusif di Indonesia, Masih Ada Lho Bayi Diberi Minum Kopi

Lebih lanjut dr Diana mengatakan kafein yang bayi konsumsi dari ASI menyebabkan peristaltik ususnya melambat. Hal inilah yang menyebabkan gas terhambat pada sistem pencernaan sang bayi.

Namun ia mengingatkan, dampak dari kafein terhadap setiap bayi berbeda. Ini karena bayi yang satu memiliki kondisi yang berbeda dengan bayi lainnya.

"Jadi sebaiknya kurangi konsumsi kopi ya buat ibu," saran dokter yang juga ibu dari dua anak ini.

"Padahal ibu nggak perlu kopi ya untuk begadang. Kan kalau denger anak nangis juga bisa bangun," pungkas dr Diana.

Baca juga: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

(vit/vit)
News Feed