Kamis, 08 Jun 2017 19:12 WIB

Cerita Fenita Arie Tentang Urus Anak Ketiga

Widiya Wiyanti - detikHealth
Fenita Arie (Foto: Noel/detikHOT) Fenita Arie (Foto: Noel/detikHOT)
Jakarta - Model, presenter, dan aktris cantik Fenita Arie (30) adalah ibu dari 3 orang anak. Sembilan bulan yang lalu Ia baru melahirkan anak ketiganya yang bernama Mezbareta Yusuf Athalla. Ditemui di Hotel Shangri-La, Jalan Jendral Sudirman Kav 1, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, baru-baru ini, Ia membagi keseruan dalam hal mengurus Athalla.

Dengan segudang kesibukan di dunia entertainment, Fenita tetap menjadikan keluarganya sebagai prioritas utamanya. "Memang pada dasarnya saya bekerja ini (di dunia hiburan -red) bukan untuk pekerjaan utama saya, karena pekerjaan utama saya menjadi ibu rumah tangga dan sang istri," tuturnya.

Ia mensyukuri bahwa dapat membesarkan ketiga anaknya di era yang berbeda-beda. Dengan kecanggihan teknologi yang semakin maju, Ia merasa bersemangat dalam mengurus dan membesarkan anak ketiganya. Fenita belajar banyak dari pengalaman mengurus anak kesatu dan kedua, terutama dalam hal memberikan makanan kepada buah hatinya.

"Beranjak dari enam bulan (usia Athalla -red) tuh saya excited sekali karena antusias bisa kasih makan. Soalnya anaknya juga kalau lihat kakak-kakaknya makan suka ileran gitu," kata Fenita sambil tertawa.

Baca juga: Cara Laura Basuki Ajari Anak Kebiasaan Makan yang Baik

Sama halnya seperti yang dituturkan oleh praktisi kesehatan anak, dr Margareta Komalasari, SpA bahwa anak usia lebih dari enam bulan membutuhkan makanan pendamping. Nah hal ini membuat Fenita harus kreatif dalam memberi makan untuk anaknya, apalagi pada usia tersebut rasa ingin anak tahu anak sedang meningkat.

"Nah ini PR lagi buat ibunya. Kita harus cari makanan yang dia sukai dan diperhatikan kalau dia ada alergi. Jadi kita harus pintar," tambahnya.

Selain itu, Ia menceritakan bahwa Athalla adalah tipikal anak yang makan dengan frekuensi yang sering namun tidak dengan porsi besar. Hal ini membuatnya merasa bahwa harus memberikan cemilan sebagai makanan selingan.

dr Margareta juga menambahkan pada kesempatan yang sama bahwa dalam memberikan snack yang tepat untuk buah hati, orangtua juga perlu memilih snack yang bergizi. Snack harus mengandung zat gizi makro (karbohidrat, protein dan lemak) untuk memenuhi asupan energi harian dan zat gizi mikro (vitamin, mineral, omega 3 dan omega 6) untuk mengoptimalkan tumbuh tinggi kembang anak.

Fenita juga mulai membiasakan Athalla untuk makan di meja makan bersama dengan anggota keluarga yang lain. "Kalau aku ajak dia makan di meja makan, dia lihat kakak-kakaknya makan, dia lihat saya dan Mas Arie juga makan, jadi terlatih untuk mencoba," tutur Fenita.

Hal yang sama juga dikatakan oleh psikolog anak, Novita Tandry bahwa self-feeding dapat melatih kemandirian anak sejak dini. Di mana hal tersebut dapat melatih otot-otot motorik halusnya dan dapat membuatnya tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usianya.

Baca juga: Ini Alasannya si Kecil Perlu Dibiarkan Makan Sendiri

(up/up)
News Feed