Kamis, 02 Mei 2013 14:00 WIB

Ini Dia Posisi Tidur Paling Nyaman Bagi Ibu Hamil

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Posisi tidur yang benar tentu dapat menunjang kualitas tidur yang Anda perlukan. Khususnya untuk Anda yang sedang hamil, istirahat atau tidur yang cukup merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan.

Namun, berhati-hatilah dalam mengubah posisi sebab Anda harus melindungi perut. Berikut ini posisi tidur yang tepat untuk Anda yang sedang mengandung dikutip dari Boldsky, Kamis (2/5/2013).

1. Tidur di Sisi Kiri

Kebanyakan ahli medis setuju bahwa tidur di sisi kiri Anda adalah cara terbaik untuk tidur selama kehamilan. Posisi tidur ini meningkatkan aliran darah ke bayi.

Itu sebabnya, bahkan bayi yang belum lahir bisa tidur dengan nyaman. Jika perut Anda sakit atau terasa terlalu ketat, posisi ini adalah posisi terbaik untuk berbaring dan beristirahat.

Selain itu, tidur di sisi kiri memungkinkan ginjal untuk membuang produk limbah dari tubuh dengan cepat.

2. Tidur Telungkup

Mungkin Anda sedikit takut untuk tidur dengan posisi ini selama kehamilan. Namun, selama trimester pertama, posisi ini bukan ide yang buruk.

Rahim masih dilindungi tulang belakang panggul sehingga bayi tidak akan dirugikan, tetapi seiring kehamilan berjalan mungkin akan membuat fisik Anda tidak kuat untuk berada pada posisi ini.

3. Tidur Telentang

Meskipun tidur telentang tampaknya seperti pilihan yang aman selama kehamilan, namun tidak begitu. Anda dapat mencoba posisi tidur ini ditahap awal kehamilan.

Namun, semakin lama semakin berat perut Anda, terlentang akan menempatkan tekanan pada tulang punggung. Hal ini dapat menyebabkan sakit punggung.

Pada trimester ketiga kehamilan, bayi bahkan mungkin bergerak ke atas menempatkan tekanan pada diafragma Anda. Hal ini dapat membuat Anda menahan nafas dalam beberapa kasus, jadi hindari tidur terlentang di tahap akhir kehamilan terutama jika Anda memiliki masalah pernapasan dan keasaman.

Jadi, pilihlah posisi paling nyaman untuk Anda dan janin. Selain aman, tentu akan membangun kualitas tidur yang baik.

(up/up)