Selasa, 02 Jul 2013 16:48 WIB

Ibu Hamil yang Mual, Pusing dan Muntah Sebaiknya Jangan Berpuasa

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Bulan Ramadan tak lama lagi, bulan di mana umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Di bulan ini, ibu hamil juga boleh berpuasa. Tapi bagi ibu hamil yang memiliki banyak keluhan, sebaiknya tidak berpuasa dulu.

"Khusus bagi wanita hamil di trimester pertama yang merasa mual, pusing, dan muntah tidak dianjurkan untuk puasa," jelas dr Taufik Jamaan, SpOG.

Hal itu disampaikan dia dalam seminar publik 'Puasa, keadaan lapar yang menyehatkan' di aula kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Jl Samratulangie, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2013).

Menurut dr Taufik, jika ibu hamil yang memiliki banyak keluhan memaksakan berpuasa maka akan menyebabkan hipoglikemi. Nah, kondisi ini bisa mengganggu kondisi ibu dan perkebangan janin.

"Untuk ibu menyusui yang tepenting adalah tetap penuhi asupan gizi meskipun produksi ASI sedikit menurun," sambung dr Taufik.

Dalam kesempatan yang sama, dr Tirta Prawita Sari, MSc, SPGK, mewakti-wanti agar orang yang berpuasa mengonsumsi makanan rendah glikemik saat sahur dan tinggi glikemik saat berbuka. Makanan dengan glikemik tinggi penting untuk segera menaikkan kadar gula darah.

"Selama puasa, kuncinya yaitu konsumsilah makanan yang tinggi serat dan kandungan protein yang cukup. Selain protein, tubuh juga membutuhkan asupan lemak baik" kata dr Tirta.

(vit/vit)