Senin, 16 Sep 2013 19:29 WIB

Perubahan Pada Kulit Ini Bisa Anda Alami Saat Hamil

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pada saat hamil, berbagai perubahan bisa dialami seorang perempuan. Selain berat badan yang bertambah, perut membesar, juga ada perubahan pada kulit. Jika sebelumnya kulit wajah Anda mulus, saat hamil bisa jadi jerawat bakan muncul di beberapa titik.

Para pakar berpendapat suatu hari seorang perempuan hamil bisa saja bangun tidur dengan wajah berseri-seri. Namun beberapa hari kemudian wajahnya terlihat berminyak dan suram. Penyebab kondisi ini adalah ketidakseimbangan hormon.

Nah, berikut ini beberapa perubahan kulit yang bisa dialami ibu hamil, seperti dikutip dari Boldsky, Senin (16/9/2013):

1. Berjerawat

Salah satu masalah kulit paling umum yang dihadapi perempuan hamil adalah jerawat. Ketika jerawat nekat nangkring di wajah, atasi dengan pengobatan alami. Jauhi produk scrub untuk mengatasi jerawat karena kulit sensitif selama kehamilan.

2. Kulit Lebih Gelap

Warna kulit Anda mungkin akan terlihat lebih gelap selama kehamilan. Bisa jadi juga tahu lalat dan bintik-bintik cokelat di tubuh Anda tampak lebih besar dibanding sebelum masa kehamilan.

3. Telapak Tangan Memerah

Jika Anda melihat telapak tangan Anda memerah pada periode kehamilan, jangan khawatir. Itu adalah masalah umum yang terjadi saat hamil. Istilah medis untuk telapak tangan merah adalah eritema palmaris.

4. Kulit Berminyak

Karena perubahan hormonal dalam tubuh, kulit akan mengeluarkan lebih banyak minyak dari biasanya. Hal ini menimbulkan kulit berminyak. Untuk mengatasinya, tetaplah gunakan cara-cara alami dan jagalah diri Anda tetap terhidrasi.

5. Kulit Kering

Jika masalahnya bukan kulit berminyak, pasti kulit kering. Nah, agar kulit tidak semakin kering saat hamil, Anda perlu menginsumsi banyak buah-buahan berair seperti semangka dan jeruk agar kulit Anda semakin bercahaya.

6. Ruam

Salah satu perubahan kulit yang umum selama kehamilan adalah timbulnya ruam. Masalah ini terjadi ketika Anda alergi terhadap beberapa jenis makanan. Sebaiknya Anda konsultasikan ruam ini dengan dokter kandungan Anda.

7. Stretch Marks

Selama kehamilan, salah satu perubahan kulit yang umum terjadi adalah timbulnya stretchmark dekat ketiak dan paha. Alasan mengapa stretch mark muncul adalah karena kenaikan berat badan selama hamil. Anda dapat memijat kulit dengan minyak alami seperti rosemary, minyak zaitun dan minyak almond untuk mengatasinya.

8. Kaki

Sama seperti telapak tangan, telapak kaki bisa menjadi merah dan gatal karena perubahan hormonal dan kenaikan berat badan saat hamil. Atasi hal ini dengan memijat kaki secara teratur dengan minyak herbal.

9. Psoriasis

Psoriasis juga mungkin terjadi pada ibu hamil. Ini merupakan gangguan kulit di mana terdapat bercak di kulit berwarna merah yang kemudian meradang dan tertutup wana putih, lalu kulit terkelupas.

10. Pigmentasi Kulit

Salah satu perubahan kulit selama kehamilan adalah terkait pigmentasi kulit. Terkadang mungkin Anda melihat ada perubahan wara kulit di bagian tertentu tubuh, seperti warna cokelat pada dahi, pipi, dan leher yang dikenal sebagai chloasma.

(vit/vit)