Jumat, 28 Mar 2014 15:31 WIB

Tak Cuma Mendengar, Janin Juga Bisa Kaget Saat Ibunya Bersin Lho

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Ketika ada orang yang bersin sebagian besar orang pasti pernah merasa kaget, apalagi jika orang tersebut bersin dengan suara kencang. Nah, hal itu ternyata juga bisa dialami bayi di dalam kandungan, lho.

Diutarakan dr Hari Nugroho SpOG dari Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUD dr Soetomo Surabaya, pada dasarnya janin dalam rahim dapat melakukan banyak hal tergantung usia kehamilannya. Sekitar usia sembilan minggu, janin sudah bisa cegukan dan bereaksi terhadap suara keras di sekitarnya, termasuk saat mendengar suara keras atau saat si ibu bersin.

"Kalau ibunya bersin dengan suara keras atau ada suara keras di lingkungan sekitarnya dapat membuat janinnya kaget selama usia janin sudah di atas sembilan minggu ya," terang dr Hari saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (28/3/2014).

Bentuk keterkejutan janin sendiri dikatakan dr Hari bisa berupa gerakan langsung yakni seketika ia akan menendang-nendang perut ibunya. Nah, saat usia janin menginjak 15-16 minggu, ia sudah bisa mendengar, tidur, dan bangun tidur.

Bahkan, dr Hari mengutarakan fase janin saat ia dalam kondisi sadar lalu tidur juga identik seperti manusia dewasa yakni ia akan melewati tahapan REM (rapid eye movement).

"Janin juga bisa merasakan makanan yang dimakan oleh ibunya dan memberikan reaksi terhadap apa yang dimakan oleh ibunya," imbuh dr Hari.

Terkait kemampuan mendengar, di dalam kandungan janin tidak hanya bisa mendengarkan suara, tetapi membedakan suara ibunya dan suara orang lain. Sehingga, menurut dr Hari stimulus apapun yang dilakukan oleh sang ibu dan lingkungan di sekitarnya bisa masuk ke otak janin.

(rdn/vit)