Jumat, 12 Sep 2014 16:02 WIB

Serba-serbi Ngidam

Apa Sih Penyebab Ngidam pada Ibu Hamil?

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Ingin makan ini itu atau anti terhadap makanan tertentu menjadi ciri ketika ibu hamil sedang ngidam. Melihat kondisi seperti itu, tak jarang keluarga pun menuruti keinginan ngidam ibu hamil. Sebenarnya apa penyebab seseorang ngidam saat hamil?

"Ngidam tidak ada dalam istilah kedokteran. Keadaan itu ada di kepala Anda dan merupakan produk dari perubahan hormon saat hamil. Bahkan beberapa ahli mengatakan ngidam adalah bentuk penghindaran dan perlindungan dari makanan," tegas Siobhan Dolan, MD, direktur medis March of Dimes Birth Defects Foundation

Ngidam sebagai bentuk penghindaran dan pelindungan terhadap makanan, dikatakan Dolan terjadi karena ketika hamil keluarga atau si ibu hamil cenderung takut jika mengonsumsi makanan tertentu akan berakibat pada perkembangan janinnya.

"Akhirnya dibuatlah sebuah konsep di pemikiran yang berpengaruh pada keyakinan ibu untuk mengalihkan ketakutan itu dengan mengonsumsi makanan lain yang dianggap lebih aman," tambah Dolan yang juga asisten profesor obstetrics and gynecology and women's health di Albert Einstein College of Medicine, New York ini.

Contohnya untuk makanan pedas dan asam yang sebaiknya dihindari ibu hamil. Menurut nutrisionis Leoba Victoria Djajadi MND, pada dasarnya makanan pedas dan asam meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung dan pembuatan mucus (dahak). Sehingga, tak jarang dibuatlah mitos agar ibu hamil tidak 'sakit' dengan menghindari makanan itu.

Sehingga, seringkali ketakutan akan bahaya konsumsi makanan tersebut dialihkan dengan pilihan makanan yang lain. "Di trimester pertama hormon kehamilan naik drastis dan nafsu makan bisa terganggu. Makanan pedas dan asam bisa menjadi lebih menarik untuk bumil karena membuat nafsu makan timbul," kata Victoria kepada detikHealth dan ditulis pada Jumat (12/9/2014).

Tak hanya itu, kondisi sebelum hamil pun bisa mengakibatkan seseorang ngidam ketika mengandung. Bagaimana bisa? Ya, pakar diet dan juru bicara American Dietetic Association, Elisa Zeid mengatakan ketika tidak hamil, wanita bisa menghindari mengasup makanan tertentu.

"Tetapi, karena kondisi hamil, ia bisa berpikir momen tersebut adalah waktu tepat untuk mencoba makanan yang biasanya dia hindari," ucap Zeid.

(rdn/vit)