Kamis, 25 Sep 2014 19:45 WIB

Ingin Konsumsi Susu Hamil Tapi Mual atau Eneg? Susu Lain Boleh Kok

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock) ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Yogyakarta - Susu khusus ibu hamil kerap dikonsumsi untuk menambah kelengkapan gizi si ibu. Akan tetapi tak semua ibu hamil dapat mengonsumsinya, entah karena alergi pada susu atau memang kurang begitu suka dengan rasanya.

"Susu ibu hamil itu kan yang tinggi kandungan proteinnya, di samping lemaknya sudah dikurangi dan kalsiumnya yang juga lebih tinggi (dari susu biasa). Nah karena proteinnya tinggi, itu yang membuat kalau diminum rasanya nggak enak, mblenger (bosan)," terang dr Ova Emilia, M.Med.Ed., SpOG(K)., Ph.D.

Hal ini disampaikan dr Ova dalam acara bedah buku 'Tetap Bugar dan Energik Selama Hamil' di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan ditulis pada Kamis (25/9/2014).

Akan tetapi dr Ova mengatakan susu semacam ini tidak harus dikonsumsi karena sifatnya hanya sebagai pelengkap, bilamana asupan makanan sehat lainnya seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan utama sudah memadai.

"Kalau memicu mual atau muntah ya tidak usah saja. Mau minum yang bukan susu hamil juga silakan, tapi susu hamil memang lebih banyak proteinnya," tegas dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari RSUP Dr Sardjito tersebut.

Yang paling penting, ibu tiga anak ini tidak menganjurkan para ibu hamil untuk mengonsumsi susu kental manis karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

"Tapi kalau si ibunya lactose intolerance, dia nggak bisa minum susu ya cara paling tepat adalah benar-benar memenuhi kebutuhan nutrisinya dan memastikan jangan sampai malnutrisi," papar dr Febriansyah Darus, SpOG(K) dari RSPAD Gatot Soebroto Jakarta kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi selama hamil sendiri tidak dilakukan dengan mengonsumsi makanan dalam porsi besar atau menambah porsinya, akan tetapi justru menambah ragam makanan demi terpenuhinya seluruh nutrisi yang dibutuhkan agar bayi bisa lahir sehat dan selamat.

Di samping itu, ibu hamil dianjurkan untuk rutin berolahraga dan menjalani pola hidup sehat misalnya menjauhi daerah yang biasanya dipenuhi asap rokok.

(lil/vta)
News Feed