Kamis, 07 Mei 2015 20:05 WIB

Ponsel Ibu Bergetar atau Berdering, Awas Janin Bisa Kaget

- detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
New York - Browsing atau sekadar mengecek akun media sosial lewat ponsel telah menjadi pembunuh waktu yang mengasyikkan bagi kebanyakan orang, tak terkecuali ibu hamil. Namun tak disangka, sebuah penelitian terbaru mengungkap suara yang keluar dari ponsel ternyata bisa mengagetkan bayi lho.

Dari penelitian sebelumnya diketahui bahwa dokter residen yang mengandung lebih cenderung mengalami komplikasi seperti persalinan prematur, preeklamsia dan berat lahir bayi rendah karena tuntutan pekerjaannya. Hal ini diperparah dengan kebiasaan mereka membawa ponsel atau pager kemanapun mereka pergi, bahkan tak jarang mereka meletakkannya di dekat kepala janin.

Hal inilah yang kemudian digali lebih mendalam oleh peneliti. Dengan mengamati 24 dokter residen yang tengah berbadan dua, mereka berharap dapat merekam reaksi janin terhadap paparan suara ponsel dan pager yang dibawa ibu mereka.

Rata-rata partisipan meletakkan ponsel dan pagernya dalam posisi dekat dengan kepala si janin. Kemudian perangkat mereka diset agar dapat berdering tiap 10 menit sekali.

Baca juga: Studi: Gara-gara Ponsel, Orang Tua Bisa Lebih Kasar Saat Anak Bertingkah

Ternyata 90 persen janin yang berusia antara 27-41 minggu tersebut memperlihatkan respons seperti terkejut ketika pertama kali dipapari suara ponsel. Respons yang terkejut antara lain kepala menengok, mulut membuka atau berkedip. Demikian seperti dikutip dari CBS News, Kamis (7/5/2015).

Ketika ponsel dibuat berdering untuk kedua kali, hanya 80 persen yang memperlihatkan respons serupa. Uniknya, peneliti juga menemukan bahwa semakin sering dipapari suara, si bayi akan semakin terbiasa. Terbukti ketika mereka mencoba mengulang suara dering ponsel tiap lima menit sekali, respons si janin makin lama makin berkurang.

Peneliti Dr Boris Petrikovsky, profesor obstetri dan ginekologi dari Wyckoff Heights Medical Center, New York pun prihatin dengan temuan ini. "Jika Anda adalah seorang janin dalam kandungan dan seseorang membangunkan Anda tiap jam, Anda mungkin takkan menyukainya. Tak hanya suara, getaran dari ponsel bisa menyebabkan munculnya 'refleks terkejut' yang mengganggu pola tidur mereka secara normal," terangnya.

Kendati begitu, Dr Boris yakin bahwa perilaku normal janin akan berubah karena gangguan ini. Hanya saja ia belum dapat memastikan apakah paparan suara dan getaran dari perangkat semacam ini benar-benar berpengaruh terhadap kesehatan si janin atau persalinannya sendiri.

"Jadi kami sarankan bagi para ibu hamil, ponsel sebaiknya tidak diletakkan di dekat janin. Gunakan tas atau dompet khusus untuk membawanya. Makin jauh posisinya, makin kecil peluang si kecil akan terpengaruh," tutupnya.

Baca juga: Agar Kehamilan Aman, Perhatikan 9 Hal Ini

(lll/vit)