Jumat, 29 Mei 2015 14:32 WIB

Gatal-gatal pada Ibu Hamil

Muncul Ruam dan Gatal di Kulit Saat Hamil? Mungkin Ini Sebabnya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Saat hamil, kondisi tubuh wanita menjadi lebih rentan dari biasanya. Tak sedikit pula yang kemudian mengeluhkan kulitnya menjadi lebih sensitif sehingga mudah muncul kondisi tak biasa. Salah satunya adalah ruam dan gatal-gatal yang sangat mengganggu.

Salah satu penyebab munculnya hamil pada ibu hamil adalah PUPPP (Pruritic Urticaria Papules and Plaques of Pregnancy). Meskipun disebut-sebut tak berbahaya, namun kondisi ini cukup mengganggu.

Menurut dr Eddy Karta, SpKK dari EDMO Clinic Jakarta Selatan, PUPPP merupakan suatu kelainan kulit pada ibu hamil yang ditandai muncul rash atau ruam berbentuk bentol-bentol. Bentol ini biasanya sangat gatal, muncul mulai dari daerah perut dan bertambah banyak membentuk bercak lebar menyerupai pulau.

Baca juga: Ibu Hamil Terpapar Asap Rokok, Bayi Bisa Berisiko Lahir Hiperaktif

"PUPPP memang tidak banyak terjadi hanya sekitar 1 kasus dari 100 orang kehamilan tetapi dapat sangat mengganggu," ujar dr Eddy kepada detikHealth, seperti ditulis pada Jumat (29/5/2015).

Gejala dan tanda khas dari PUPPP ini adalah umumnya terjadi pada kehamilan pertama. Area gatal juga biasanya muncul kali pertama di perut, kemudian meluas ke area bokong dan paha.

Selain itu, insiden PUPPP juga biasanya meningkat pada kehamilan kembar dan pada kehamilan dengan pertambahan berat badan signifikan. "Biasanya juga munculnya berupa bentol dengan area pucat di sekelilingnya dan tidak berair," imbuh dr Eddy.

Penyebab lain gatal-gatal pada ibu hamil dapat juga berupa eksim, infeksi jamur, gangguan empedu, sampai penyakit autoimun herpes gestasional. Bila masih ragu, dr Eddy berpesan pasien memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. Sebab penyakit gatal juga bisa menjadi gejala penyakit serius misalnya gangguan empedu dan liver, yang bisa berakibat kelahiran prematur.

Baca juga: Tak Perlu Khawatir, Penetrasi Saat Bercinta Tak Akan Bahayakan Janin Kok




(Ajeng Anastasia Kinanti/Radian Nyi Sukmasari)