Selasa, 27 Okt 2015 16:00 WIB

Tanda-tanda Ketuban Pecah Sebelum Waktunya

Sharon Natalia - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Ibu hamil mengalami pecah ketuban saat akan melahirkan pasti menjadi hal yang lumrah. Tapi, yang mesi diperhatikan yakni ketika ibu mengalami pecah ketuban sebelum waktunya atau biasa disebut ketuban pecah dini.

dr M Nurhadi Rahman, SpOG dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta mengatakan, ketuban pecah dini adalah kondisi di mana ketuban pecah sebelum waktunya dan biasanya terjadi pada usia kehamilan di atas lima bulan. Ketuban pecah dini umumnya terjadi tanpa adanya kontraksi.

"Lalu tiba-tiba keluar air, tapi proses melahirkannya belum berlangsung. Itu artinya pecah ketubah dini," tutur pria yang akrab disapa dr Adi ini saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (27/10/2015).

Pemilik akun twitter @adirahmanog ini menambahkan, biasanya ketuban pecah dini disebabkan infeksi pada saluran kencing atau urine, keputihan, dan infeksi paru-paru.

Dihubungi terpisah, dr Yassin Yanuar MIB, SpOG, MSc menyebutkan normalnya selaput ketuban pecah ketika proses persalinan.

Baca juga: Air Ketuban Bumil Sedikit, Mungkin Beberapa Hal Ini Penyebabnya

Nah, ketuban pecah dini terjadi ketika selaput ketuban pecah sebelum proses persalinan. Apabila pada usia kehamilan belum cukup bulan terjadi pecah ketuban, kondisi itu disebut preterm premature rupture of membrane, demikian diungkapkan dokter yang praktik di RS Pondok Indah ini.

dr Yassin menambahkan, ketuban pecah dini bisa disertai atau tanpa disertai kontraksi. Terkait penyebab ketuban pecah dini, dikatakan dr Yassin sebagian besar akibat adanya corioamnionitis (infeksi pada korion dan amnion).

"Sementara faktor risiko ketuban pecah dini di antaranya perokok, riwayat STD (sexually transmitted diseases), riwayat persalinan prematur, distensi uterus seperti polihidramnion atau kembar, riwayat prosedur seperti circlase dan amniosentesis, serta kelainan materi kolagen membran," kata dr Yassin.

Baca juga: Makin Banyak Air Ketuban Kondisi Kehamilan Makin Baik? Belum Tentu (rdn/up)