Senin, 23 Nov 2015 12:00 WIB

Sentuhan Mesra Suami Seperti Ini Bisa Bantu Redakan Nyeri Melahirkan

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sentuhan, pijatan dan pelukan mesra bisa diberikan suami saat istrinya mengalami nyeri kontraksi jelang melahirkan. Dengan sentuhan dan pelukan ini, istri akan merasa lebih nyaman sehingga bisa memicu hormon oksitosin.

Berikut ini sentuhan, pijatan dan pelukan mesra yang diberikan suami kepada sang istri kala nyeri kontraksi melahirkan dirasakan, seperti disampaikan instruktur yoga Tia Pratignyo dan ditulis pada Senin (23/11/2015):

1. Pijatan di Kaki


Bukan sembarangan pijatan di kaki lho, melainkan 4 jari di atas mata kaki. Nah, di titik itu, suami bisa menekan dan memberikan pijatan sehingga membuat istri lebih nyaman.

2. Sentuhan dan Pijatan Lembut di Panggul



Mintalah istri untuk duduk, lalu usap dan beri pijatan lembut di sekitar panggul. Jangan menekan terlalu keras karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman istri.

Kemudian bergeraklah memijat punggung bagian atas. Lalu lakukan gerakan melingkari punggung dengan ujung jari tangan. Ingat, ujung jari tangan, bukan kuku ya. Biasanya ini akan membuat istri merasa lebih nyaman, bahkan kadang sampai bikin merinding.

"Gentle touch memang bisa mengurangi nyeri," ucap Tia.

3. Sentuh Perut dengan Lembut



Masih dalam posisi duduk, dan suami berada di belakang istri. Suami memegang perut istri dari belakang, lalu lebarkan area sentuhan ke bagian belakang tubuh istri.

Ulangi lagi menyentuh punggung istri dengan ujung-ujung jari, lalu gerak-gerakkan sehingga istri nyaman. Lanjutkan sentuhan ke area perut. Lakukan dengan kehangatan dan kelembutan.

4. Rebah ke Tubuh Suami



Kegiatan ini dilakukan suami istri sambil berdiri berhadapan. Suami lalu memeluk istri, ajak tubuh istri bergoyang pelan ke kanan dan ke kiri. Jangan lupa dilakukan sambil mengelus punggungnya.

"Jika kontraksi sudah intens, istri bisa merebahkan tubuhnya ke suami, lalu suami menggoyang ke kanan dan ke kiri. Itu bisa menimbulkan rasa nyaman," lanjut Tia.

5. Pijatan di Jari-jari Tangan


Agar istri lebih nyaman saat menjalani kontraksinya, suami bisa memijat pertemuan antara jari telunjuk dan jempol. Pijat dengan lembut area tersebut.


Selanjutnya, pijat sisi jari dengan menggunakan jempol dan telunjuk. Lanjutkan dengan memijat permukaan jari dengan menggunakan jempol dan telunjuk juga.


(vit/rdn)