Senin, 28 Des 2015 17:31 WIB

Fakta Melahirkan

Ketika Pembukaan Jalan Lahir Sudah Lengkap Tapi Bayi Tak Kunjung Lahir

Martha Heriniazwi Dianthi - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Pembukaan jalan lahir sudah lengkap, sepuluh. Seharusnya bayi sudah lahir. Namun di beberapa kasus bayi tak kunjung lahir.

Menurut dr Andriana Kumala Dewi, SpOG dari RS Bethsaida, Tangerang, biasanya ada batas waktu sampai kapan upaya melahirkan secara normal dilakukan. Jika pembukaan jalan lahir sudah lengkap namun bayi tak juga lahir, dokter akan melakukan evaluasi.

Jika posisi kepala bayi tidak juga turun, maka dipertimbangkan dilakukan operasi caesar. Atau bisa juga dilakukan vakum. Jalan apapun yang akan diambil, semua berdasar evaluasi kondisi ibu dan bayinya.

Apa risiko bayi yang terlalu lama di jalan lahir? "Paling sering bayinya mengalami stres dan oksigennya berkurang," ucap dr Andriana.

dr Andriana menyarankan para ibu hamil mempersiapkan fisik dan mental untuk proses persalinan. Karena jika berlangsung berjam-jam tentu akan menguras energi sang ibu. Salah satu cara mempersiapkan persalinan adalah dengan mengikuti senam kehamilan ataupun latihan ringan.

Baca juga: Mengejan yang Seperti Ini Tidak Dianjurkan Saat Proses Persalinan

"Fungsi senam hamil itu lebih confident dan di senam hamil ada beberapa pose untuk lebih rileks dan nggak kaku. Karena sering kali pasien mau melahirkan kaku banget posisinya, takut-takut atau malu-malu," lanjut dr Andriana.

Di sesi senam hamil, tambah dr Andriana, sering pula diberi informasi seputar persiapan melahirkan. Termasuk juga cara mengatur napas saat persalinan.

"Faktor psikologi juga berpengaruh banget untuk proses kelahiran. Jadi bagi yang normal boleh ditemani oleh suami atau ibunya," pungkas dr Andriana.

Baca juga: Janin Terlilit Tali Pusar Tak Selalu Harus Dilahirkan Secara Caesar

(vit/up)