Sabtu, 30 Jan 2016 15:09 WIB

Ibu Hamil Obesitas, Anaknya Lebih Berisiko Terkena Autisme

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Ibu hamil yang obesitas disebut peneliti dari Johns Hopkins University, Amerika Serikat, setidaknya memiliki peluang dua kali lebih besar melahirkan anak autis bila dibandingkan dengan ibu lain yang beratnya normal.

Studi yang dilaporkan dalam jurnal Pediatrics itu menyebut juga bila sang ibu tak hanya obesitas tapi juga diabetes, maka risiko tersebut bisa meningkat menjadi empat kali lipat.

Pemimpin studi dr Xiaobin Wang mengatakan prevalensi kelainan spektrum autisme (ASD) sendiri sebetulnya bila dibandingkan dengan penyakit lain pada anak seperti asma cukup kecil. Hanya saja tak bisa diremehkan karena dampak sosial yang diakibatkan oleh ASD pada individu dan orang sekitarnya cukup besar sehingga.

Baca juga: Ngeri! Kegemukan pada Perempuan Disejajarkan dengan Ancaman Teror

Data yang dikumpulkan dari 2.734 pasangan ibu-anak menunjukkan bahwa ibu yang diabetes atau obesitas berisiko untuk melahirkan anak autis sampai tiga persen. Namun bila sang ibu diabetes ditambah juga dengan obesitas maka risiko tersebut meningkat sampai 5 sampai 6 persen.

Meski alasan pastinya mengapa hal itu bisa terjadi belum diketahui, Ahli biologi dan saraf Elinor Sullivan dari University of Portland berkomentar kemungkinan berkaitan dengan inflamasi, nutrisi, dan hormon. Ketiga faktor tersebut pada ibu hamil diketahui bisa berdampak pada pembentukan otak bayi.

"Risiko autisme menjadi lebih tinggi bila wanita memiliki diabetes dan juga obesitas. Karena saat itu faktor inflamasi dan berbagai nutrisinya yang akan terpapar pada bayi juga menjadi lebih tinggi," kata Sullivan seperti dikutip dari Reuters pada Sabtu (30/1/2016).

Temuan ini disebut peneliti penting karena makin banyak wanita berusia matang memiliki kondisi obesitas dan di beberapa tempat gemuk malah menjadi tanda kesuburan. Oleh karena itu studi berperan semakin menekankan pentingnya menjaga berat badan ideal.

Baca juga: Ibu Nekat Hamil dalam Keadaan Gemuk, Awas Bikin Jantung Janin 'Kegencet'

(fds/vit)
News Feed