Rabu, 03 Feb 2016 11:32 WIB

Studi: Konsumsi Coklat Punya Dampak Positif untuk Janin

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Bagi beberapa wanita kehamilan adalah masa di mana nafsu makan bisa meningkat karena 'tuntutan' si kecil dalam rahim. Biasanya makanan pedas, asin, atau coklat adalah jenis makanan yang dicari-cari saat sedang mengidam.

Berkaitan dengan hal tersebut ada kabar baik bagi wanita hamil yang gemar mengonsumsi coklat. Peneliti dari Universite Laval, Kanada, membuktikan bahwa cokelat bisa memberikan manfaat kesehatan untuk janin.

Cokelat yang tinggi akan flavanol bisa memperkuat pertumbuhan janin dan membuat plasenta bekerja secara lebih efesien. Selain itu risiko komplikasi kehamilan preeklampsia (tekanan darah tinggi saat hamil) juga dapat dikurangi.

Baca juga: Wanita-wanita yang Punya 'Bakat' Kena Preeklampsia Saat Hamil

dr Emmanuel Bujold yang terlibat dalam studi mengatakan dampak coklat tersebut terlihat setelah meneliti 129 wanita hamil. Para wanita hamil tersebut dibagi menjadi dua kelompok di mana masing-masing kelompok harus rutin makan cokelat tinggi flavanol atau rendah flavanol sebagai pembanding.

Selama 12 minggu para partisipan mengonsumsi 30 gram cokelat setiap hari.

"Studi ini menunjukkan bahwa cokelat dapat membawa dampak positif untuk plasenta dan tumbuh kembang janin. Efek cokelat ini sepertinya tidak hanya karena kandungan flavanolnya saja," ujar Emmanuel seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (3/2/2016).

Studi rencananya akan dipublikasikan pada pertemuan rutin Society for Maternal-Fetal Medicine.

Baca juga: Sering Mengidam Makanan Manis? Coba Hilangkan dengan Berjalan (fds/vit)