Jumat, 19 Feb 2016 19:01 WIB

Glaukoma si Pencuri Penglihatan

Deteksi Dini, Satu-satunya Cara Mencegah Glaukoma Curi Penglihatan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Glaukoma disebut sebagai pencuri penglihatan karena bisa menyebabkan kebutaan meski tak bergejala. Adakah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terserang glaukoma?

dr Emma Rusmayani, SpM dari Jakarta Eye Center Kedoya mengatakan glaukoma tidak bisa dicegah dengan makanan atau aktivitas tertentu. Satu-satunya cara untuk mencegah glaukoma adalah melakukan skrining mata secara rutin.

"Deteksi dini. Nggak ada cara lain. Makanan atau aktivitas itu tidak berpengaruh terhadap glaukoma. Satu-satunya cara ya deteksi dini," tutur dr Emma dalam perbincangan dengan detikHealth, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Dokter: Operasi Tak Kembalikan Penglihatan yang Hilang Akibat Glaukoma

Dijelaskan dr Emma, glaukoma merupakan salah satu jenis kebutaan yang tidak bisa direhabilitasi atau dikembalikan meski sudah mendapat pengobatan. Namun glaukoma bisa dicegah jika seseorang mengetahui ia termasuk kelompok risiko.

Salah satunya jika anggota keluarga pernah mengidap glaukoma. Risiko anak dengan orang tua yang mengidap glaukoma meningkat 20 persen, sementara jika saudara kandungnya yang mengidap glaukoma, risiko naik hingga 40 persen.

"Seringnya itu orang cuma ingin ganti kacamata, periksa minus atau plus. Tapi kita periksa juga tekanan bola matanya, lalu di tes luas penglihatannya. Ternyata benar ada glaukoma," papar dr Emma.

Deteksi dini pun dinilai dr Emma tidak terlalu merepotkan. Seseorang cukup datang ke dokter mata minimal satu atau dua tahun sekali untuk melakukan pemeriksaan.

"Satu tahun sekalilah. Kalau matanya bagus boleh dua tahun sekali. Tapi kalau faktor risiko sebaiknya lebih sering kontrol ke dokter," pungkasnya.

Baca juga: Glaukoma Bisa Dialami Sejak Bayi, Risiko Tinggi pada yang Lahir Prematur (mrs/vit)