Jumat, 01 Apr 2016 09:15 WIB

Memasuki Trimester Ketiga, Ibu Hamil Tak Disarankan untuk Berenang

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Berenang memang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik, termasuk bagi para wanita hamil. Namun saat kehamilan sudah memasuki usia kandungan trimester ketiga, sebaiknya olahraga ini tak dilakukan lagi ya.

Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Divisi Fetomaternal RSU Dr Soetomo Surabaya dan RS Pendidikan Universitas Airlangga, dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG, berenang adalah olahraga yang baik karena hampir semua anggota tubuh digunakan selama aktivitasnya dilakukan. Namun aktivitas ini dapat menjadi kendala bagi ibu hamil yang sudah memasuki trimester ketiga.

"Pada saat tersebut perut akan semakin membesar dan tentunya akan menyulitkan seorang ibu untuk melakukan aktivitas renang," pungkas dokter yang akrab disapa dr Erza tersebut kepada detikHealth.

Baca jugaMengandung Estrogen, Susu Sari Kedelai Tak Boleh Diminum Ibu Hamil?

Jika usia kandungan belum memasuki trimester ketiga dan Anda berniat untuk berenang, ada beberapa tips yang disebutkan oleh dr Erza. Salah satunya adalah ibu hamil dianjurkan untuk pemanasan terlebih dahulu dan hindari menyantap makanan dalam porsi yang banyak.

"Untuk gaya berenang, yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah gaya dada, karena relatif tidak membutuhkan tenaga yang besar dibandingkan gaya berenang lainnya," tutur dr Erza.

Senada dengan dr Erza, dr Hari Nugroho, SpOG dari RSU Dr Soetomo Surabaya juga menuturkan bahwa renang baik bagi ibu hamil karena aktivitas ini mengurangi tekanan berat pada sendi dan hentakan tiba-tiba pada perut. Kondisi tersebut diketahui seringkali menyebabkan ibu hamil tidak nyaman.

"Tapi ingat, sebaiknya para ibu tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukannya. Syarat utama, kehamilan Anda dinyatakan normal," pesan dr Hari.

Baca jugaPerut Ibu Hamil Nyeri Akibat Terlalu Lama Duduk? Ini Alasannya

(ajg/up)
News Feed