Sabtu, 02 Apr 2016 11:07 WIB

Bukan Bidan atau Dokter, Ibu Ini Melahirkan Dibantu oleh Pilot

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Mirror Foto: Mirror
Rosscarbery, Inggris - Tindakan bantuan persalinan biasanya dibantu oleh seorang dokter atau bidan. Namun yang terjadi pada Elizabeth McCarthy justru berbeda. Ia melahirkan dibantu oleh seorang pilot.

Seperti dikutip dari Mirror, Sabtu (2/4/2016), saat itu Elizabeth (33) dan suaminya, Humphrey, tengah menanti kehadiran anak ketiga mereka. Sekitar pukul 4 pagi, tiba-tiba Elizabeth mengeluhkan rasa nyeri luar biasa di bagian perutnya.

Merasa akan segera melahirkan, keduanya pun lantas langsung tancap gas menuju Cork University Maternity Hospital. Meski panik, Elizabeth mencoba untuk tetap tenang dan mengendalikan napasnya yang mulai tersengal-sengal.

Sampai di Rosscarbery, tepatnya 11 km dari rumah mereka, kontraksi Elizabeth tiba-tiba bertambah dalam waktu yang sangat cepat. "Kami lantas berhenti dan menelepon ambulans. Tapi saya merasa ambulans tak akan cukup cepat sampai. Saya pun mulai berpikir akan melahirkan tanpa bantuan petugas medis," tutur Elizabeth kepada Evening Echo.

Baca juga: Cerita Josie, Gunakan Amplas dan Garpu untuk Redakan Kulit Gatal Saat Hamil

Masih terhubung dengan operator ambulans di telepon, Elizabeth kemudian pindah duduk ke jok belakang mobil. Ia masih terus berusaha untuk mengontrol dirinya sendiri sambil menahan rasa sakit. Humphrey yang panik pun kemudian mencoba mencari bantuan dari mobil yang lewat.

Saat itulah Brian Coomey menghentikan mobilnya dan mendatangi mobil Humphrey. Ia mengambil alih telepon Elizabeth dan melakukan semua instruksi dari operator ambulans dengan sigap dan tetap tenang.

Coomey membantu bayi Elizabeth lahir, sementara Humphrey memegang senter untuk menerangi area tersebut, yang dilaporkan cukup gelap. Beruntung, bayi Elizabeth yang diberi nama Conor Brian tersebut lahir dengan selamat 20 menit kemudian tanpa kendala berarti.

"Coomey benar-benar sangat membantu kami. Saat kami berdua sama-sama panik, ia tetap tenang dan membuat kami juga tenang. Saya tidak tahu seperti apa jadinya jika ia tak menghampiri kami," pungkas Elizabeth.

Beberapa saat setelah Conor lahir, ambulans datang. Elizabeth dan bayinya tersebut pun langsung mendapatkan pertolongan medis. Dokter yang memeriksa Conor, Dr Jason Van Der Velde, mengatakan bahwa kondisi keduanya saat itu baik-baik saja. "Ini adalah kerjasama yang baik, saya senang bisa membantu mereka," tutur Coomey, yang diketahui merupakan seorang pilot maskapai Ryanair tersebut.

Untuk mengenang jasa Coomey, Elizabeth dan Humphrey pun memakai nama depannya menjadi nama kedua bayi mereka.

Baca juga: Kondisi Ibu yang Seperti Ini Pengaruhi Bobot Bayi Saat Lahir (ajg/up)