Kamis, 07 Apr 2016 07:34 WIB

Studi: Konsumsi Antidepresan Saat Hamil Tingkatkan Risiko Anak Depresi

Hillariana ID - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Konsumsi antidepresan saat hamil berkaitan dengan risiko anak mengalami depresi, bahkan sampai saat ia remaja. Setidaknya itulah yang ditunjukkan penelitian terbaru yang dipublikasikan di Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry.

Hasil studi tersebut menemukan bahwa remaja yang ibunya meminum antidepresan saat hamil berisiko empat kali lebih besar menderita depresi saat umur 15 tahun, dibandingkan dengan remaja yang ibunya memiliki riwayat depresi, namun tidak meminum obatnya saat mengandung.

Studi ini juga menemukan bahwa tidak ada hubungan antara penggunaan serotonin reuptake inhibitors (SSRIs), seperti prozac dan Zoloft selama kehamilan pada risiko autisme, Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD), atau keterbelakangan mental yang dialami anak.

"Penelitian ini melibatkan 65.000 wanita yang memutuskan melanjutkan pengobatan depresi selama kehamilan. Selain itu, dilibatkan pula wanita yang memiliki gangguan stres dan kecemasan berlebih. Dan hasil studi ini cukup mengkhawatirkan," ucap Heli Malm, dokter spesialis kandungan di Helsinki University Hospital.

Baca Juga: ASI Eksklusif Tapi Bobot Anak Tak Naik Signifikan? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Malm yang juga pemimpin studi ini mencatat anak dengan umur tertua dalam studi ini baru saja memasuki usia saat gangguan mood sering muncul. Dengan kata lain, efek antidepresan yang dikonsumsi ibu bisa berpengaruh sampai anak memasuki usia remaja. Sebab, selama ini sebagian besar studi hanya mengamati efek antidepresan sampai anak berusia 6 tahun.

"Studi ini juga merupakan studi pertama yang menghubungkan paparan SSRIs dalam rahim dan hubungannya dengan kecenderungan munculnya depresi pada anak. Meskipun studi sebelumnya melaporkan adanya pengaruh penggunaan SSRIs saat hamil dengan masalah bahasa, gerak, dan perilaku anak," tutur Malm.

Baca Juga: Catat, Ini Perubahan pada Mata yang Kerap Dialami Wanita Saat Hamil

(rdn/up)