Rabu, 02 Nov 2016 10:30 WIB

Bisakah Melahirkan Secara Normal Jika Sebelumnya Pernah Jalani Caesar?

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Ilustrasi melahirkan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang ibu yang sebelumnya menjalani prosedur melahirkan secara caesar, apakah di persalinan berikutnya bisa melahirkan secara vaginal birth atau yang dikenal sebagai 'prosedur normal' oleh masyarakat? Yuk simak kata dokter.

dr Boy Abidin SpOG dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, mengatakan vaginal birth after cesarean (VBAC) bisa saja terjadi. Namun demikian ada kondisi atau syarat yang harus dipenuhi. Apa saja syaratnya?

"Nomor satu, jarak dengan kehamilan berikutnya tidak terlalu dekat. Jadi idealnya 2 tahun kosong," kata dr Boy kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Syarat lainnya, tidak ada kondisi penyulit seperti kelainan letak bayi dan plasenta, juga tidak pecah ketuban dini. Selain itu, rasa mulas yang dirasakan si ibu harus terjadi secara alami alias tidak menggunakan obat induksi.

Baca juga: Alami Depresi Pasca Melahirkan, Begini Curhat Penyanyi Adele

Tapi kenapa ya ibu yang ingin VBAC tidak boleh diinduksi? "Karena otot rahim bekas sayatan caesar atau bekas penyembuhan itu tipis, lebih tipis, jadi takutnya terjadi robekan," terang dr Boy.

dr Boy menambahkan, jika mulas alami biasanya kekuatannya akan menyesuaikan. Beda halnya jika dirangsang oleh induksi, terkadang mulasnya lebih kuat ketimbang mulas alami. "Sehingga yang ditakutkan kemudian jika menggunakan anastesi nanti dia tidak akan merasakan nyeri. Nah kemudian tidak akan melihat tanda-tanda ancaman robekan rahim tadi sehingga berisiko terjadinya robekan," lanjut dr Boy panjang lebar.

Hal lain yang perlu diperhatikan seorang ibu yang handak VBAC adalah terkait fasilitas tempat melahirkan. Meskipun dipersiapkan melahirkan secara normal, namun harus disiapkan pula plan B, jika terjadi penyulit maka kamar operasi harus siap.

Baca juga: Meski Redakan Nyeri, Water Birth Tetap Tak Dianjurkan oleh Dokter

"Kalau terjadi penyulit kamar operasi harus stand by setengah atau satu jam untuk melakukan operasi caesar. Jadi jangan fasilitas yang tidak siap," imbuh dr Boy.

Pembaca detikHealth, apakah Anda punya pengalaman menjalani VBAC? Anda bisa berbagi kisah terkait apa persiapan Anda, apa yang dirasakan ataupun beda melahirkan secara vaginal birth dan caesar. Pengalaman Anda bisa ditulis melalui kolom komentar di bawah ini, atau bisa juga dikirim ke redaksi@detikhealth.com

(vit/up)