Kamis, 22 Des 2016 10:12 WIB

Ini Kata Dokter Mengenai Olahraga untuk Ibu Hamil

Puti Aini yasmin - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Olahraga merupakan kegiatan yang dapat menyehatkan badan seseorang termasuk ibu hamil. Namun sekarang masih banyak rumor mengenai kekhawatiran ibu hamil yang berolahraga.

Terkait hal ini, dr Febriansyah Darus, SpOG mengatakan bahwa ungkapan 'hamil jangan banyak bergerak' merupakan hal yang salah. Karena hamil merupakan sebuah proses penerusan generasi secara alami dan bukan kondisi tubuh sakit.

"Hamil bukan tidak harus berolahraga melainkan harus berolahraga," ucap dr Febri, ditemui dalam temu media menyambut hari ibu di Hotel Royal Kuningan, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Baca juga: Ibu yang Sehat Menjadi Modal Lahirkan Anak yang Berkualitas

dr Febri menjelaskan, ibu hamil boleh saja berolahraga asalkan tidak memiliki indikasi medis tertentu. Misalnya mengalami flek, karena hal tersebut memang mengharuskan seorang melakukan bedrest atau istirahat total. Demikian juga dengan riwayat melahirkan prematur berulang akibat gangguan mulut rahim pendek.

"Lalu contoh lainnya ada pendarahan yang mengancam seperti plasenta tumbuh menutupi jalan lahir atau ibu merasakan gerakan bayi lemas tidak kencang. Nah itu artinya jangan banyak berolahraga karena bisa meningkatkan dehidrasi," sambung dr Febri.

"Jadi sebaiknya ketika ibu hamil mau berolahraga harus minum air sebelum, sesaat dan sesedah olahraga," ucap dokter yang juga berpraktik di RSIA Kemang Medical Care ini.

Sementara, menurut dr Febri semua jenis olahraga boleh dilalukan asal tidak memberikan tekanan berlebihan pada kaki atau perut seperti olahraga squad jump. Nah, ibu hamil juga disarankan melakukan olahraga selama 30 menit dalam sehari, atau sampai detak nadi bertambah.

Mengutip American Academy of Pediatrics, dr Febri menyebutkan ibu yang rajin berolahraga juga akan memiliki anak dengan tingkat IQ yang lebih tinggi. Karena ketika berolahraga jantung akan memompa darah lebih cepat sehingga kadar oksigen akan lebih banyak dan terkirim ke bayi secara lebih maksimal.

Baca juga: Ada yang Sedang Program Hamil? Untuk Calon Ibu, Jangan Sampai Kegemukan Ya (up/up)