Minggu, 01 Jan 2017 07:37 WIB

Penjelasan di Balik Hamil 'Ngebo' dan Mual Parah Saat Hamil Muda

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Saat hamil di trimester pertama, ada ibu hamil yang mengeluh mual muntah, bahkan harus sering berbaring karena jika berdiri akan pusing. Tapi sebaliknya, ada ibu hamil yang merasa biasa-biasa saja. Kondisi ini kerap disebut dengan 'ngebo'.

Menanggapi hal ini, dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RS Permata Depok, dr Alfiben SpOG mengatakan ibu hamil wajar saja mengalami mual. Karena ibu hamil memiliki hormon yang memicu peningkatan asam lambung dalam tubuhnya.

"Hamil muda, mual muntah itu memang banyak yang ngalamin karena asam lambungnya tinggi," ucap dr Alfiben kepada detikHealth baru-baru ini.

dr Alfiben menjelaskan rasa mual pada ibu hamil pun bisa dikurangi dengan menghindari makanan yang meningkatkan asam lambung atau dengan mengurangi frekuensi konsumsi makanan. Walapun pada prinsipnya ibu hamil harus menambah porsi makanannya.

"Ibu hamil makan itu frekuensinya ditambah tapi dengan jumlahnya sedikit. Misalnya normal 3 kali sehari ya ibu hamil mesti 3 sampai 8 kali sehari tapi jumlahnya sedikit per makan," sambung dr Alfiben.

Baca juga: Telan Sperma Bisa Redakan Gejala Mual Muntah Saat Hamil Muda

Sementara untuk masalah ngebo, menurut dr Alfiben hal tersebut memang bisa terjadi ketika ibu hamil memiliki perasaan malas bergerak. Selain itu, penyebab lainnya adalah ibu hamil tidak mengatur konsumsi makanannya.

"Seperti ibu yang cuma makan jajan-jajanan aja. Biasanya seperti itu dan bukan bawaan bayi kalau ibu ngebo atau mual," pungkas dr Alfiben.

Baca juga: Ini Sebabnya Ibu Hamil Ada yang 'Ngebo' atau Justru Sering Mual Muntah (rdn/vit)
News Feed