Kamis, 05 Jan 2017 08:33 WIB

3 Pesan Penting Pak Dokter Agar Kehamilan di Trimester Pertama Tetap Sehat

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Menjaga kehamilan agar tetap sehat mutlak dilakukan setiap calon ibu, bahkan sang ayah. Nah, bagi ibu yang sedang mengandung di trimester awal kehamilan, dokter punya pesan agar kehamilan tetap sehat.

Seperti penuturan dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Divisi Fetomaternal RSU Dr Soetomo Surabaya, dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG, ada tiga hal yang baiknya tidak dilakukan ibu yang tengah hamil muda di mana usia kandungannya di bawah tiga bulan. Apa saja?

"Pertama jangan naik turun tangga. Kalau kantor berada di lantai dua ya naik-turunnya sekali dalam sehari yaitu pagi atau sore," kata dr Erza ketika berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

Ia menjelaskan naik turun tangga merupakan salah satu aktivitas yang berhubungan dengan rongga panggul. Sehingga hal tersebut dapat memanipulasi janin dan memicu kontraksi pada rahim.

Hal kedua adalah ibu diminta jangan mengangkat beban yang berat, walaupun ukuran berat pada setiap orang berbeda. Sebab, bukan tak mungkin ketika melakukan aktivitas berat, ibu berisiko mengalami keguguran.

Baca juga: Penjelasan di Balik Hamil 'Ngebo' dan Mual Parah Saat Hamil Muda

"Ketiga kalau mau berhubungan seks kondisi ibu jangan ada masalah. Kalau aktivitas seks dirasa memberatkan maka bisa memanipulasi mulut rahim sehingga memicu kontraksi," sambung dokter yang juga praktik di RS Pendidikan Universitas Airlangga.

dr Erza menambahkan, pada ibu hamil yang ingin berhubungan seks, posisi yang paling baik adalah woman on top alias wanita yang berada di atas. Dengan posisi ini, istri dapat mengatur ritme kapan ia merasa nyaman ataupun merasa tidak nyaman.

"Hal lainnya, tidak disarankan melakukan ejakulasi di dalam, secara teori memang begitu. Karena sperma itu ada prostaglandin yang merupakan stimulator untuk terjadinya kontraksi rahim," kata dr Erza.

Sehingga bagi pasangan suami istri yang ingin melakukan hubungan seks ketika hamil, yang harus diperhatikan adalah dilakukan secara perlahan-lahan, penuh tanggung jawab dan sesuai kondisi ibu hamil. Ia memberi contoh ketika ibu hamil memiliki riwayat penyakit jantung maka sebaiknya tidak melakukan hubungan seks yang cukup sering.

"Kasihan kan istrinya kalau sudah sakit terus capek diminta sering berhubungan seks. Tapi kembali lagi ke setiap pasangan, kalau masih bisa nggak apa-apa," pungkas dr Erza.

Baca juga: Ingat Ya Bunda, 'Hamil Muda' Bukan Alasan untuk Membatasi Aktivitas (rdn/vit)