Jumat, 26 Mei 2017 09:33 WIB

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Cokelat untuk Atasi Mual?

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Rasa mual saat hamil merupakan hal yang wajar terjadi. Lantas, bolehkah mengatasinya dengan konsumsi cokelat?

Menurut dr Diana F Suganda MKes SpGK, mengonsumsi cokelat untuk mengatasi rasa mual saat hamil boleh-boleh saja dilakukan. Sebab cokelat pada umumnya memiliki manfaat untuk mengurangi rasa mual pada lambung.

"Cokelat bisa memperlambat peristaltik pada lambung. Jadi gerak melambat dan rasa mual berkurang," ucap dr Diana saat ditemui detikHealth di sela-sela acara 'Nutrisi Seimbang Bagi Ibu Hamil dan Menyusui Selama Berpuasa' oleh RS Pondok Indah di JJ Royal Bistro, Senayan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: 4 Terapi Alami Hadapi Rasa Mual

Lebih lanjut, konsumsi cokelat pun harus tetap dibatasi karena kandungan kafeinnya. Pada ibu hamil batasan kafein per harinya adalah 200 miligram.

"Oleh karena itu ibu yang memiliki masalah mag jangan makan cokelat untuk ngatasin mual. Kan ada kafein dan bisa membentuk asam lambung yang bikin ibu nggak nyaman," sambung dokter sekaligus ibu dari dua anak ini.

Selain itu, mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat menghambat penyerapan vitamin seperti zat besi. Sehingga hal tersebut dapat mengganggu tumbuh kembang janin.

Baca juga: Kenali, 4 Penyebab Morning Sickness Setelah Kehamilan Trimester Pertama

Sementara itu para dokter kandungan di Royal College of Obstetricians and Gynaecologists (RCOG), Inggris, menyebut bahwa mengonsumsi jahe atau menjalani akupresur dapat menjadi alternatif pengobatan untuk ibu hamil yang mengalami gejala mual ringan.

Review dari 12 studi yang dilakukan oleh National Institute of Health mengatakan konsumsi 1,1 hingga 1,5 gram jahe sehari dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah akibat morning sickness secara signifikan. Sekitar satu siung jahe tidak masalah dikonsumsi ibu hamil. Jangan banyak-banyak ya karena bisa memicu kontraksi pada ibu hamil.

(vit/vit)