Kamis, 15 Jan 2015 12:45 WIB

100 Konsultasi Terpopuler 2014

Konsultasi Seks: Hasrat Bercinta Wanita

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Hasrat bercinta seorang wanita bisa jadi begitu menggebu di awal-awal pernikahan dan di waktu-waktu tertentu dalam hidupnya. Namun bisa jadi juga hasrat ini redup sehingga membuat seorang istri terkesan 'malas-malasan' saat bercinta. Nah, soal hasrat bercinta wanita ini menjadi salah satu pertanyaan terpopuler di Konsultasi Seksologi 2014.

Salah satu pertanyaan dilayangkan Lily, perempuan menikah berusia 32 tahun. "Kenapa ya sebelum haid biasanya keinginan saya untuk bercinta itu meningkat (siklus haid saya normal). Apakah ini normal Dok? Penyebabnya apa ya?"

dr Andri Wanananda, MS, pengasuh Konsultasi Seksologi detikHealth mengatakan menjelang haid, hormon wanita antara lain: estrogen, oxytocin, progesteron meningkat. Hal ini akan memicu libido (hasrat seksual) meningkat menjelang haid.

"Berbeda kondisinya saat sesudah haid, hormon-hormon wanita tersebut menurun kadarnya, hingga saat Anda bercinta dengan suami, terasa kurang bergairah," jelas dr Andri.

Perihal malas bercinta pada wanita yang sudah bertahun-tahun menikah, apalagi sampai sudah belasan tahun, menurut dr Andri sebenarnya bisa dimaklumi. Pernikahan yang cukup lama bisa jadi mengakibatkan munculnya kejenuhan. Nah, rasa jenuh ini bisa juga disebabkan oleh kebugaran fisik yang menurun, misalnya karena penyakit kronis seperti darah tinggi dan kencing manis. Bisa juga karena masalah psikis, antara lain istri sedang stres, atau karena ada beban pikiran.

"Bila penyebab faktor fisik atau psikis tidak ada, dianjurkan suami istri mencari berbagai variasi dalam bercinta. Bisa dalam bentuk variasi tempat yang lebih eksotik nyaman, juga variasi dalam posisi hubungan intim yang tidak konvensional," saran dr Andri.

(vit/vit)