Rabu, 07 Apr 2010 15:40 WIB

Kenapa Gampang Sakit Setelah Kantung Empedu Diangkat?

Jakarta -

Dok, empedu saya sudah diangkat satu tahun yang lalu karena menurut dokter tidak mungkin lagi untuk dibersihkan karena batunya sudah sangat banyak. Sejak saya tidak punya empedu lagi, efek yang saya rasakan lemas dan tidak bertenaga, kurang semangat dan gampang kena penyakit akibat kekebalan tubuh saya sangat rendah, udara kotor atau perubahan cuaca saya langsung demam. Pertanyaan saya, apakah ini efek dari tidak mempunyai empedu lagi dan makanan apa yang dihindari dan yang dianjurkan?

Juliansen (Pria Menikah, 43 Tahun), purba@wilmar.co.id


Jawaban

Perlu diketahui bahwa bukan empedu yang diangkat tetapi kantung empedu. Empedu adalah cairan atau zat yang dibuat di hati dan dikeluarkan dari hati melalui saluran empedu ke usus dan sebagian disimpan dalam kantung empedu.

Fungsi cairan empedu itu sendiri adalah untuk pencernaan lemak. Seharusnya empedu yang disimpan dalam kantung empedu tetap berbentuk cairan. Terbentuknya endapan atau batu dalam kantung empedu adalah karena susunan cairan empedu tak seimbang atau kantung empedu tak dapat mempertahankan keseimbangan cairan empedu, antara lain karena infeksi.

Walaupun kantung empedu diangkat, cairan empedu tetap ada dan dikeluarkan hati langsung ke usus. Harus ada penyesuaian diri dengan mengurangi konsumsi lemak (rendah lemak). Setelah beberapa lama akan ada lagi keseimbangan antara kebutuhan cairan empedu dengan kebiasaan makan (mengurangi lemak).

Seharusnya tak timbul efek yang Bapak sebutkan. Saya anjurkan agar mengkonsumsi makanan dengan gizi cukup dan juga tetap mengkonsumsi lemak dalam dosis yang rendah atau konsultasi dengan dokter spesialis gizi.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD
Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon, Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH (Lantai 1) Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525 Ext 1314/1251 dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

 

 

(ir/ir)