Selasa, 28 Sep 2010 13:40 WIB

Gerak Mata dan Bibir Sering Tak Terkontrol

Jakarta -

Dok, saya mempunyai masalah kesehatan pada wajah sebelah kanan, yaitu mata dan bibir bergerak di luar kontrol (Hemifacial Spasm). Pertanyaan saya, bagaimana cara mengobatinya? Dan di mana tempat dokter yang dapat membantu saya? Terimakasih.

Ade Chandra (Pria Menikah, 49 Tahun), ade.chandra@syariahbukopin.co.id,
Tinggi Badan 170 cm dan Berat Badan 69 kg.


Jawaban

Hemifacial spasm adalah kelainan saraf dan otot yang ditandai dengan adanya kedutan-kedutan pada otot wajah yang tidak bisa dikontrol (involunter). Biasanya kelainan ini hanya mengenai satu sisi wajah, tapi kadang-kadang mengenai kedua sisi wajah. Kebanyakan orang yang memiliki gangguan ini berusia pertengahan atau usia tua.

Kelainan ini dapat disebabkan oleh penekanan pembuluh darah pada saraf wajah atau kerusakan saraf wajah, dan sebagian penyebabnya tidak diketahui. Penatalaksanaan bisa dengan obat, misalnya golongan benzodiazepine atau carbamazepine. Dapat juga diobati dengan injeksi toksin botulinum. Bila disebabkan oleh adanya pembuluh darah yang menekan saraf wajah, maka dapat dilakukan tindakan pembedahan.

Dr. Michael Setyawan SpS 
Dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

 


(ver/ver)