ADVERTISEMENT

Senin, 01 Nov 2010 10:40 WIB

Apakah Anak Saya Ajaib, Lahir Prematur Tapi Berat Normal?

Jakarta -

Saya pernah membaca artikel bahwa bayi dikatakan preamtur jika lahir kurang dari 37 minggu dan beratnya tidak kurang dari 2 kg. Yang ingin saya tanyakan, anak saya dulu lahir pada usia 29 minggu tapi berat badannya 2,6 kg.

Melihat kondisi kelahiran bayi saya yang lahir 29 minggu dan berat 2,6 kg, apakah bisa disebut dengan bayi prematur? Apakah menurut ilmu medis kejadian yang saya alami ini mustahil atau bagaimana?

Karena mengingat banyak yang bilang kalau anak saya bukan prematur. Tapi apabila dihitung dari segi usia kandungan yang baru menginjak usia 29 minggu itu bagaimana ya dok? Saya tunggu jawabannya segera. Terimakasih.

Nenti (Perempuan Menikah, 23 Tahun), u.nenti@gmail.com
Tinggi Badan 155 cm dan Berat Badan 45 kg.


Jawaban

Bayi yang lahir di bawah usia 37 minggu disebut sebagai bayi prematur dan berat badannya disesuaikan dengan usia kelahiran.

Bila usia kehamilan anak ibu 29 minggu dengan berat lahir 2,6 kg sepertinya tidak mungkin. Karena biasanya anak lahir dengan usia kehamilan 29 minggu, beratnya baru berkisar 1,5 kg atau bahkan kurang. Dan masalah yang dihadapi juga kompleks yaitu pernafasan dan jantung yang belum sempurna.

Semua bayi yang lahir di usia kehamilan 29 minggu tidak dapat hidup di alam terbuka dan harus dirawat intensif di rumah sakit. Karena pada bayi usia kehamilan di bawah 32 minggu biasanya memiliki refleks hisap yang belum sempuna dan ini bisa memperberat masalah.

Secara medis, saat lahir bayi akan diperiksa dan dapat ditentukan kisaran umur kehamilannya berdasar kematangan fisik dan motoriknya.

Kalau ibu menghitung berdasarkan menstruasi terakhir, biasanya banyak terdapat kesalahan bila tidak cermat menghitungnya. Untuk itu kemungkinan ibu salah menghitung usia kandungan.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.

(ver/ir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT