Senin, 12 Sep 2011 09:46 WIB

Kista Bartolini yang Mengganggu Miss V

Jakarta -

Dok, ada benjolan di bibir Miss V saya dan setelah periksa itu adalah kista bartolini. Dokter saya bilang dibiarkan saja, tidak apa-apa kok, toh kalau dioperasi juga bisa tumbuh lagi. Saya mau tanya Dok, apa yang sebaiknya saya lakukan agar benjolan ini hilang? Apakah kista ini bisa muncul kembali walaupun telah diangkat? Apa perlu saya periksa ke Dokter lain sebagai second opinion? Terimakasih.

Neey (Perempuan Lajang, 22 Tahun), neeyXXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 160 Cm dan Berat Badan 52 Kg

Jawaban

Kista Bartolini timbul karena tersumbatnya muara kelenjar Bartholin yang terletak di dalam bibir kemaluan yakni kelenjar yang terdapat pada bagian bawah introitus vagina. Kista Bartolini dapat terjadi karena infeksi kuman bakteri, sehingga timbul peradangan yang hebat.

Umumnya kista Bartolini disertai dengan rasa nyeri yang hebat. Apakah kista ini perlu diangkat atau tidak itu tergantung pada diagnosanya.
Kista adalah tumor jinak yang tidak akan membahayakan tubuh, tetapi jika ada rangsangan yang terlalu sering pada tumor tersebut maka dapat juga menyebabkan perubahan sel pada dalam tumor yang dapat berakibat tumor tersebut menjadi tumor ganas, ini juga yang harus anda perhatikan untuk melihat perkembangan dari tumor tersebut.

Untuk tumor jinak pada umumnya dapat dilakukan dengan operasi tetapi jika operasi tidak dapat mengambil dengan tuntas jaringan sel tumor dapat juga tumbuh kembali.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong
Adalah dokter di Rumah Sakit Modern Hospital Cancer, Guangzhou yang merupakan rumah sakit swasta yang telah diakui Departement Kesehatan Pemerintah China, dibawah naungan yayasan group 'Bo Ai'.

Pusat konsultasi cabang di Jakarta ada di RS Awal Bros, Jln MH Thamrin No.3 - Kebon Nanas Cikokol Tangerang, Phone: 021-99933380 , 021-92088881, 0818197758 atau cabang Surabaya di Jl HR Muhammad 75A Surabaya, dan no telp 031-7315222.

(ir/ir)