Senin, 02 Apr 2012 11:48 WIB

Bagaimana Mengatasi Nyeri Lambung yang Sering Muncul?

(Foto: thinkstock)
Jakarta -

Dokter, saya sering mengalami nyeri lambung. Bagaimana cara menetralisir asam lambung tersebut? Obat apakah yang harus dikonsumsi? Mohon tips dan saran Dokter. Terimakasih.

Eko (Pria Lajang, 26 Tahun), mas.XXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 56 Kg

Jawaban

Ada banyak kasus dengan keluhan yang diduga sebagai kelainan asam lambung, akhirnya ditemukan kelainan saluran dan kantong empedu yang disebabkan radang atau infeksi (kolesistitis, kolangitis) baik dengan atau tanpa disertai adanya batu empedu (kolelitiasis).

Penyakit lain yang bisa menjadi penyebab nyeri ulu hati antara lain, radang usus buntu, radang usus besar (kolitis), gejala awal dari hernia, perlengketan usus (adhesi) terutama bila ada riwayat operasi perut sebelumnya.

Banyak obat yang bisa digunakan untuk asam lambung tapi untuk menentukan yang tepat sebaiknya Anda berkonsultasi intensif dengan dokter ahli disertai pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Penderita asam lambung sebaiknya memperhatikan pola makannya. Kapan kita harus makan, kapan kita harus berhenti makan, apa yang harus kita makan dan apa yang harus kita hindari seperti terlalu banyak makan pedas, minuman dingin, tak jarang minum kopi dan jumlahnya banyak. Ketika perut kosong misalnya di kala bangun tidur pagi minumlah yang hangat, yang manis dan jumlahnya jangan langsung sekaligus banyak, secukupnya dulu.

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD
Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.

(ver/ir)