Kamis, 16 Agu 2012 16:16 WIB

Apa Baik Olahraga Jalan Kaki Siang Hari Pakai Jaket Tebal?

Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta -

Saya ingin berkonsultasi mengenai olahraga berjalan kaki. Apa baik olahraga jalan kaki pada siang hari? Saya berjalan kaki pada jam 12 siang dengan memakai jaket tebal 2 kali seminggu. Dan bagaimana berat ideal untuk pria? Terimakasih atas perhatiannya.

Stevie JP (Pria Lajang, 26 Tahun), jam3s_XXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 175 Cm dan Berat Badan 80 Kg

Jawaban:

Berolahraga jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga cardio atau aerobic. Seiring dengan meningkatnya kemampuan tubuh, maka aktivitas jalan kaki juga perlu disesuaikan agar memberikan tantangan yang cukup memadai.

Dalam hal ini, tantangan jalan kaki perlu ditingkatkan menjadi jalan cepat atau jogging. Tubuh manusia adalah mekanisme yang mampu beradaptasi atau menyesuaikan diri. Olahraga adalah salah satu bentuk rangsangan atau tantangan yang kita berikan kepada tubuh kita.

Harapan dari memberikan tantangan ini adalah agar tubuh berkembang melebihi tantangan lama, sehingga tantangan lama tidak lagi mengganggu kita. Dalam kata lain, olahraga sebenarnya adalah tantangan kepada tubuh kita agar beradaptasi.

Setelah beradaptasi terhadap tantangan lama, kita sudah harus berikan tantangan baru yang berbeda atau lebih sulit, agar tubuh kembali lagi beradaptasi. Proses adapatasi yang kita dapatkan dari olahraga adalah juga merupakan manfaat-manfaat yang kita dapatkan. Manfaatnya antara lain meningkatnya stamina, kekuatan, keseimbangan, agilitas (kegesitan), kecepatan, akurasi, fleksibilitas dan lain-lain.

Berjalan kaki menggunakan jaket tebal di siang hari, sebenarnya tidak memberikan manfaat tambahan. Tubuh kita akan merasakan terik dan panas, serta berpotensi mengalam dehidrasi dan memberatkan kerja organ ginjal.

Berat badan yang diharapkan turun adalah berasal dari kandungan air dalam tubuh, dan bersifat sangat sementara, karena seketika setelah Anda mengkonsumsi air lagi, maka berat badan Anda akan naik lagi. Bukan praktek olahraga yang dianjurkan, dan sebaiknya fokus pada strategi yang tepat untuk membakar lemak, seperti peningkatan tantangan yang dijelaskan di atas.
 
Ade Rai
Adalah atlet binaraga yang memiliki prestasi sangat baik di pecaturan nasional dan internasional. Lulusan FISIP Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional tahun 1995 ini, sekarang aktif mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui fitnes. Ade juga mendirikan RAI Institute dan 11 gerai Klub Ade Rai.

(up/ir)