Anak Sering Sembelit, Apakah Bisa Kena Kanker Usus?

ADVERTISEMENT

Anak Sering Sembelit, Apakah Bisa Kena Kanker Usus?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 17 Des 2012 10:17 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Dok, anak saya selalu susah buang air besar. Apakah sering sembelit dapat menyebabkan kanker usus? Apa ini yang menyebabkan berat badannya tidak mau bertambah? Terimakasih.

Ria (Perempuan Menikah, 28 Tahun),satrianXXX@yahoo.co.id
Tinggi 155 Cm dan Berat Badan 58 Kg

Jawaban

Dokter menyarankan agar anak Anda melakukan pemeriksaan seperti colonoscopy untuk melihat keadaan usus, karena hanya dengan gejala sembelit tidak bisa dipastikan adalah kanker usus.

Jika dari hasil colonoscopy tidak ditemukan ada tumor dan kanker, kemungkinan terbesar adalah infeksi bagian saluran pencernaan yang menyebabkan gejala sembelit, tidak nafsu makan, buang air besar tidak normal seperti feses hancur, keras dan lainnya.

Usus besar adalah bagian dari sistem pencernaan tempat menyimpan limbah makanan. Sedangkan rektum adalah ujung dari usus besar dekat anus. Keduanya berbentuk tabung panjang yang disebut usus besar.

Tumor pada usus besar dan rektum merupakan pertumbuhan yang timbul dari dinding bagian dalam usus besar. Tumor jinak dari usus besar disebut polip. Sedangkan tumor ganas pada usus besar disebut kanker.

Untuk mengetahui lebih lanjut sebaiknya saya sarankan untuk melakukan kolonoskopi ulang dan membawa hasil laporan kolonoskopi Anda untuk berkonsultasi gratis secara langsung. Dengan begitu bisa segera diketahui alasan atau penyebabnya secara tepat dan bisa segera diketahui pengobatan lebih lanjut yang tepat.

Gejala yang muncul dari kanker usus besar umumnya adalah:

1. Perdarahan pada usus besar yang ditandai dengan adanya darah pada feses saat buang air besar
2. Perubahan pola buang air besar seperti menjadi keras, lembek atau kotorannya kecil-kecil
3. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
4. Rasa sakit di perut atau bagian belakang
5. Perut masih terasa penuh meski sudah buang air besar
6. Kadang muncul beberapa gejala umum seperti sembelit, rasa sakit atau kembung di perut.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong
Adalah dokter di Rumah Sakit Modern Hospital Cancer, Guangzhou yang merupakan rumah sakit swasta yang telah diakui Departement Kesehatan Pemerintah China, dibawah naungan yayasan group 'Bo Ai'.

Pusat konsultasi cabang di Jakarta ada di Gedung Menara Citicon Lantai 11 Blok C2, Jl. Jend S Parman kavling 72 slipi, Jakarta Barat. Nomer telepon: (021) 999 333 80, (021) 920 88881, (021) 2930 8708, (021),2930 8709 0818197758.

Cabang Surabaya di Jl HR Muhammad 75A Surabaya, dan no telp 031-7315222.
Alamat Website:
www.cancerhospital.co.id
http://www.asiancancer.com/

(ver/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT