Nyeri Dada Hingga Punggung, Ini Kanker Paru atau Hanya Infeksi?

ADVERTISEMENT

Nyeri Dada Hingga Punggung, Ini Kanker Paru atau Hanya Infeksi?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 20 Des 2012 09:47 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Saya punya penyakit paru-paru, sudah dirontgen tetapi hasil normal. Saya konsultasi ke dokter spesialis paru-paru gejala saya yaitu bersin, kalau tertawa kadang sakit dada saya, sering pusing, punggung nyeri, nyeri di dada, sekarang malah nyerinya terasa sampai ke punggung, batuk tapi batuk saya tidak sampai berdarah. Apa ini kanker paru-paru atau hanya infeksi?

Noviani (Wanita Lajang, 16 Tahun), nophiexxx@yahoo.com
Tinggi Badan 156 Cm dan Berat Badan 47 Kg

Jawaban:

Untuk mengetahui apakah terdapat tumor atau infeksi di paru paru, rontgen memang kurang akurat dan kurang jelas hasilnya dibandingkan dengan hasil CT scan. Namun gejala-gejala yang disebutkan menunjukkan indikasi ke infeksi paru-paru juga. Mohon diperiksakan segera untuk mencegah penyakit memburuk.

Kanker paru-paru merupakan hasil dari suatu kelainan sel, unit paling dasar dari kehidupan. Biasanya, tubuh mempertahankan sistem checks and balances pada pertumbuhan sel, sehingga sel membelah untuk menghasilkan sel-sel baru yang diperlukan. Namun gangguan terhadap sistem keseimbangan pertumbuhan sel tidak terkendali dan akhirnya membentuk suatu massa yang dikenal sebagai tumor.

Kanker paru biasanya tidak menunjukkan gejala apapun yang terlihat dari luar jika pertumbuhan sel belum parah. Sebanyak 25% dari penderita kanker paru-paru, diketahui gejalanya setelah mereka rutin melakukan sinar X di dada atau CT scan. Jika terbukti ada kanker paru maka akan tampak bulatan keci seperti koin.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong
Adalah dokter di Rumah Sakit Modern Hospital Cancer, Guangzhou yang merupakan rumah sakit swasta yang telah diakui Departement Kesehatan Pemerintah China, dibawah naungan yayasan group 'Bo Ai'.

Pusat konsultasi cabang di Jakarta ada di Gedung Menara Citicon Lantai 11 Blok C2, Jl. Jend S Parman kavling 72 slipi, Jakarta Barat. Nomer telepon: (021) 999 333 80, (021) 920 88881, (021) 2930 8708, (021), 2930 8709 0818197758.

Cabang Surabaya di Jl HR Muhammad 75A Surabaya, dan no telp 031-7315222.
Alamat Website:
www.cancerhospital.co.id
http://www.asiancancer.com/

(ver/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT